Pemkab Kupang berkolaborasi tangani 7.207 anak stunting

id stunting kabupaten kupang,penanganan stunting,penurunan stunting

Pemkab Kupang berkolaborasi tangani 7.207 anak stunting

Arsip Foto. Dokter memeriksa balita dalam kegiatan pelayanan kesehatan untuk mendukung penanggulangan stunting di Desa Bokong, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis (2/12/2021). (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

...Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri tetapi butuh dukungan semua pihak
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kupang di Provinsi Nusa Tenggara Timur berkolaborasi dengan pemerintah desa, sekolah, hingga lembaga keagamaan untuk menangani 7.207 anak yang mengalami stunting, kekurangan gizi kronis yang menyebabkan pertumbuhan anak terganggu sehingga badannya menjadi tengkes.

"Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri tetapi butuh dukungan semua pihak baik keluarga, pemerintah desa serta pihak sekolah dan lembaga keagamaan untuk bersama-sama pemerintah melakukan berbagai upaya mengatasi kekerdilan pada anak-anak balita di daerah ini," kata Bupati Kupang Korinus Masneno saat dihubungi dari Kupang, Rabu, (24/8/2022).

Ia menjelaskan bahwa menurut hasil pengukuran tinggi dan berat badan yang dilakukan pada 29.856 anak berusia di bawah lima tahun (balita) di seluruh posyandu di Kabupaten Kupang sejak awal Juli hingga Agustus 2022 ada 7.207 balita (24,1 persen) yang masuk dalam kategori mengalami stunting.

Pemerintah Kabupaten Kupang, ia melanjutkan, saat ini fokus menangani 7.207 balita yang menurut hasil pemeriksaan mengalami stunting.

Baca juga: Pemerintah Manggarai apresiasi BRI bantu antropometri kit cegah stunting

Menurut dia, pemerintah kabupaten telah melibatkan pemerintah desa dan lembaga pendidikan anak usia dini dalam upaya pencegahan dan penanggulangan stunting, termasuk pemberian makanan tambahan bergizi pada anak.

Baca juga: Pemkab Nagekeo bantu 1.000 ekor ayam petelur untuk tangani "stunting"

"Kita ingin anak-anak Kabupaten Kupang tubuh menjadi anak-anak yang sehat dan kuat yang didukung kebutuhan gizi memadai," kata Bupati.