Obet-Kase siap menerima putusan MK

id Alex Kase

Obet-Kase siap menerima putusan MK

Alex Kase (ANTARA Foto)

"Mengenai keputusan Mahkamah Konstitusi (MK), kami akan menghormati apapun hasilnya,
Kupang,(AntaraNewsNTT) - Pasangan calon bupati dan wakil bupati Timor Tengah Selatan (TTS), Obet Naitboho-Alex Kase, menyatakan siap menerima apapun putusan Mahkamah Konstitusi terkait perselisihan hasil pemilihan kepala daerah setempat

"Mengenai keputusan Mahkamah Konstitusi (MK), kami akan menghormati apapun hasilnya," kata calon wakil bupati TTS, Alex Kase kepada Antara, Senin (12/11).

Dia mengemukakan hal itu terkait kesiapan pasangan calon Obet-Kase menghadapi putusan MK dalam perselisihan hasil pemilihan (PHP) bupati dan wakil bupati TTS.

"Sesuai jadwal, MK akan mengambil keputusan PHP bupati dan wakil bupati TTS pada pekan depan," katanya. ? ??

Hanya saja, dia berharap, dengan adanya putusan dalam PHP Pilkada TTS ini, dapat menjadi pelajaran bagi semua pihak, terutama penyelenggara pemilu untuk memperbaiki kinerja ke depan.

 "Kami juga ingin dari kejadian ini, kita tidak lagi mewariskan kepada generasi penerus, hal-hal yang mencoreng demokrasi di daerah ini," katanya.

Dia menambahkan, MK dalam pengambilan keputusan tentu berdasarkan pada fakta persidangan.

Hal yang paling penting dari proses politik ini adalah untuk memberikan pembelajaran politik kepada masyarakat bahwa penyelenggara pemilu tidak boleh sewenang-wenang mengabaikan aturan yang mengatur tentang pelaksanaan pilkada.

"Kami telah membuktikan bahwa ada kesewenang-wenangan yang dilakukan penyelenggara, dengan adanya perintah Mahkamah Konstitusi untuk melakukan penghitungan suara ulang dan pemungutan suara ulang (PSU), bahwa putusan final MK tidak sesuai dengan harapan, bukanlah masalah," katanya.

Sudah tiga kali pilkada selalu berakhir di MK. Ini berarti ada yang tidak beres, padahal penyelenggara menghabiskan uang rakyat terlalu banyak untuk membiayai proses politik ini, katanya.