Kupang (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Irjen Pol Johanis Asadoma menegaskan akan menindak tegas masyarakat yang melakukan pungli di lokasi bencana alam banjir bandang di wilayah Kabupaten Kupang.

"Kita tindak siapapun yang melakukan pungli di lokasi bencana jika kami temukan," katanya di Kupang, Rabu, (4/1/2023).

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan adanya permintaan dari Bupati Kupang agar aparat kepolisian menangani maraknya pungli yang terjadi di lokasi bencana alam khususnya di jalur jembatan putus di Kabupaten Kupang.

Pria yang biasa disapa dengan sebutan Johni itu mengatakan bahwa sampai saat ini memang dirinya belum mendapatkan laporan soal adanya pungli di lokasi bencana alam.

Dia pun mengatakan bahwa aparat kepolisian dari Polres Kupang sudah ditempatkan di lokasi bencana khususnya di jembatan-jembatan penyeberangan.

"Anggota personel Kepolisian standby di sana bantu masyarakat, khususnya yang ingin menyeberang," tambah dia.

Bupati Kupang Korinus Masneno Provinsi Nusa Tenggara Timur meminta aparat kepolisian untuk melakukan pengawasan dan pemantauan di lokasi jembatan yang rusak akibat terjangan banjir guna mengantisipasi adanya kegiatan pungutan liar dilakukan oknum tertentu dengan alasan untuk membantu menyeberangi warga saat melintasi lokasi bencana.

"Kami minta pihak kepolisian di Polres Kupang untuk membantu melakukan pemantauan di lokasi-lokasi banjir agar tidak ada warga yang menarik pungutan untuk membantu melintasi warga di lokasi banjir," katanya.

Ia mengatakan pada saat situasi bencana biasanya selalu muncul oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menarik biaya dari warga yang hendak melintasi lokasi bencana dengan meminta sejumlah bayaran kepada warga yang hendak melintas.

"Dalam situasi bencana seperti ini harus ada rasa empati dari setiap warga untuk saling membantu dan tidak melakukan pungutan yang memberatkan. Apabila diberikan secara sukarela tidak ada masalah tetapi jika ada paksaan maka bisa menjadi persoalan," kata Korinus Masneno.

Baca juga: Kapolda: Natal dan perayaan menyambut Tahun Baru di NTT berjalan aman kondusif

Baca juga: Kapolda NTT : 800 laporan masuk ke nomor pribadi saya soal kamtibmas

Pewarta : Kornelis Kaha
Editor : Bernadus Tokan
Copyright © ANTARA 2024