Kupang (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Irjen Pol Daniel Tahi Monang mengajak seluruh stakeholder dan masyarakat di Kabupaten Sumba Barat untuk memperkuat kerja sama menjelang Pilkada serentak 2024.

“Kepada seluruh stakeholder terkait dan masyarakat, kami sampaikan ucapan terima kasih atas terselenggaranya Pemilu 2024 yang aman dan damai, khususnya di wilayah hukum Polres Sumba Barat," katanya saat berkunjung ke Kabupaten Sumba Barat, Jumat, (31/5/2024).

Kapolda mengingatkan pentingnya menjaga sinergitas menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Orang nomor satu di Polda NTT mengharapkan bahwa tanpa adanya sinergitas bersama, maka hal-hal yang diinginkan akan sulit terwujud.

"Mari kita lanjutkan sinergitas kita dalam mewujudkan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024 mendatang sehingga dapat pula berjalan aman dan damai,” tegasnya.

Saat berkunjung ke Polres Sumba Barat orang nomor satu di Mapolda NTT itu juga mengingatkan para personelnya agar selalu membangun sinergitas dengan personel TNI yang ada di wilayah tersebut  agar Pilkada di daerah itu berjalan aman dan lancar.

"Ibarat sepasang sepatu, TNI dan Polri merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Dalam tugas menjaga dan memelihara situasi kamtibmas, TNI dan Polri harus seiring sejalan. Terus pupuk kekompakan dan lakukan tugas dengan baik," ujar Kapolda NTT.

Kapolda juga berharap seluruh personel dapat menjadi panutan, baik dalam keluarga, lingkungan sekitar, maupun di kantor.

Selain itu, Kapolda mengharapkan seluruh personel, baik TNI maupun Polri, untuk selalu siap menghadapi segala perkembangan situasi yang terjadi dan melayani masyarakat yang membutuhkan dengan sebaik mungkin.

"Saat ini kita dihadapkan pada pelaksanaan tugas pengamanan Pilkada serentak 2024. Hanya dengan memperkuat sinergitas antar seluruh stakeholder, kita dapat mewujudkan Pilkada yang aman dan damai," tambah dia.

Usai dari Sumba Barat, Mantan Kapolda Papua Barat itu kemudian melanjutkan perjalanan ke Sumba Barat Daya untuk bertatap muka dengan masyarakat setempat.

"Sebagai warga negara yang baik, kita dapat membantu menjaga keamanan saat pemilihan kepala daerah yang akan datang. Untuk itu, diharapkan agar kita dapat bersama-sama menjaga keamanan wilayah Kabupaten Sumba Barat Daya," tambah dia.

Kapolda NTT juga menekankan pentingnya rasa aman yang bisa dirasakan oleh masyarakat.

"Kalo berbicara aman, ialah apa yang kita lihat dan apa yang kita rasakan kenyamanannya. Kebersamaan yang telah berlangsung dengan baik di Kabupaten Sumba Barat Daya agar selalu terjaga," tambahnya.

Baca juga: Kapolda tekankan sinergitas TNI-Polri kawal pilkada di Sumba Timur

Baca juga: Kapolda tinjau kesiapan personel untuk Pilkada 2024 di Sumba Timur

Pewarta : Kornelis Kaha
Editor : Bernadus Tokan
Copyright © ANTARA 2024