Kupang (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga mengajak Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dan tokoh masyarakat di Kabupaten Manggarai Timur untuk menyukseskan Pilkada 2024.

"Kunjungan kerja ini adalah bagian dari program prioritas Polda NTT untuk memastikan kesiapan Polres Manggarai Timur dalam menghadapi Pilkada serentak, sekaligus mengajak semua pihak bersama-sama menyukseskan Pilkada di daerah ini,” katanya dalam keterangan yang diterima di Kupang, Rabu, (21/8).

Hal ini disampaikannya saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Manggarai, dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke pulau Flores setelah menjabat sebagai Kapolda NTT.

Kapolda NTT mengatakan bahwa sebagai aparat keamanan, pihaknya berkomitmen untuk menjamin stabilitas keamanan dan mengoptimalkan penegakan hukum di wilayah itu.

Karena itu, ujar dia, pentingnya sinergi dan komunikasi yang efektif antara kepolisian dan seluruh elemen terkait dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Kapolda NTT juga menyatakan bahwa kepolisian akan bertindak tegas sesuai dengan kewenangan yang diatur undang-undang untuk menjaga kamtibmas.

Dia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerja sama dengan kepolisian demi menciptakan suasana yang tertib dan kondusif selama tahapan Pilkada.

"Komunikasi adalah kunci dalam mempersatukan silaturahmi dan menangani konflik sosial," ungkapnya.

Pj. Bupati Manggarai Timur, Boni Hasudungan Siregar, dalam sambutannya juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan Kapolda NTT.

Dia menegaskan bahwa soliditas dan sinergi antara Polres Manggarai Timur dan pemerintah daerah telah terbangun dengan baik, terutama dalam menyikapi dinamika masyarakat yang beragam.

"Sinergi antara Polres dan pemerintah daerah telah membantu menjaga keharmonisan dan toleransi di tengah masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Kapolda NTT: TNI-Polri berperan penting jaga kawasan wisata Labuan Bajo

Pj. Bupati juga mengapresiasi prestasi dan kinerja Polres Manggarai Timur dalam menjaga keamanan, khususnya menjelang Pilkada 2024. Dia berharap sinergi ini akan terus meningkatkan kepercayaan publik dan memastikan Pilkada berjalan lancar dan damai.

Baca juga: Polda NTT bantah palsukan dokumen anak kapolda agar lolos seleksi catar Akpol

Pewarta : Kornelis Kaha
Editor : Bernadus Tokan
Copyright © ANTARA 2024