Kupang (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Timur memastikan pasokan listrik andal dilokasi yang menjadi pusat kunjungan kerja RI 1 pada 01 - 03 Oktober 2024. Sejak tanggal 27 September 2024, PLN UIW NTT telah menyiagakan Tim Siaga guna menyukseskan acara tersebut. PLN telah memastikan kesiapan kelistrikan di 9 posko siaga.

General Manager PLN UIW NTT, Ajrun Karim didampingi Manager PLN UP3 Kupang Saut Pardomuan Pandjaitan melakukan pemantauan langsung kesiapan kelistrikan dan personil. 

“Kami pastikan pasokan listrik pada rangkaian Kunjungan Kerja RI 1 andal dan tanpa kedip. Kami telah melakukan pemantauan langsung ke seluruh posko. Semuanya berstatus normal dan juga telah dilakukan uji coba atau simulasi manuver beban pada lokasi kunjungan sebagai upaya bilamana terjadinya pemadaman.

PLN menerjunkan kurang lebih 200 Personil PLN dan 12 Personil Pasukan Khusus PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan). Selain itu, PLN juga menyiapkan 11 unit genset dengan total daya hampir 1.000 kVA, 6 Unit Uninterruptible Power Supply (UPS) dan 8 Unit Automatic Transfer Switch (ATS)  yang tersebar di seluruh lokasi kunjungan.

"Kami juga menerapkan siaga kelistrikan, seluruh layanan yang bersiaga 24 jam dan bekerja sesuai Standard Operating Procedure (SOP) serta menerapkan kaidah keselamatan kerja ketenagalistikan (K3) yang berlaku," tambahnya.

Seluruh personel PLN all out terlibat langsung dan menjadi pelaku utama sejarah kesuksesan peresmian Bendungan Temef Kab. Timor Tengah Selatan sebagai Bendungan Terbesar di NTT dengam listrik yang andal tanpa kedip 100%.


Baca juga: PLN bagikan pellet biomassa jaga energi bersih di Ende

Listrik yang andal menjadi kunci utama dalam mendorong pembangunan di segala sektor. Di Temef, listrik akan membuka peluang bagi tumbuhnya usaha-usaha kecil dan menengah, serta menarik investor untuk berinvestasi. Dengan demikian, perekonomian masyarakat akan semakin kuat dan kesejahteraan akan semakin meningkat. 

Baca juga: PLN jaga stabilitas pasokan listrik di perbatasan RI-RDTL

Keandalan listrik tanpa kedip akan menjadi kunci untuk meningkatkan kesejahteraan dan membuka peluang baru. Dengan diresminkannya Bendungan Temef petani dapat mengolah hasil bumi dengan lebih efisien, dan perekonomian daerah pun semakin tumbuh. Sungguh, sebuah tonggak sejarah yang akan mengubah wajah NTT.

Pewarta : Kornelis Kaha
Editor : Bernadus Tokan
Copyright © ANTARA 2024