Labuan Bajo (ANTARA) - Telkomsel terus berupaya maksimal melakukan percepatan pemulihan setelah satu unit tower roboh dan menimpa gedung kantor Kecamatan Kuwus di Kelurahan Nantal, Kecamatan Kuwus, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Minggu, 27 Oktober 2024 lalu. 
 
"Percepatan pemulihan tower yang roboh melalui penambahan satu unit combat serta melakukan optimasi jaringan dari 10 BTS yang ada di sekitar area terdampak sehingga komunikasi di daerah tersebut dapat berjalan dengan lancar," kata Manager Corporate Communication Telkomsel Area Jawa Bali Erwin Kusumawan dalam keterangan yang diterima di Labuan Bajo, Senin, (28/10).
 
Erwin Kusumawan menyampaikan keprihatinan atas insiden yang terjadi dimana tower Telkomsel mengalami keruntuhan dan menimpa Kantor Kecamatan Manggarai Barat akibat adanya cuaca ekstrim angin kencang dan hujan.
 
Ia juga menginformasikan tidak terdapat korban jiwa akibat robohnya tower tersebut. 
 
"Saat ini, prioritas utama kami adalah keselamatan dari warga yang terdampak. Kami bekerja sama dengan pihak berwenang untuk memastikan bahwa bantuan yang dibutuhkan segera diberikan," katanya. 
 
Sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manggarai Barat Isfridus Tobong dihubungi di Labuan Bajo, mengatakan akibat kejadian itu gedung Kantor Kecamatan Kuwus mengalami kerusakan berat. 
 
"Tingkat kerusakannya parah dan gedung tidak bisa digunakan, staf saya sudah ada di lokasi dan dari pihak Telkomsel katakan akan bertanggungjawab, mereka menunggu surat pernyataan bencana juga dari pemerintah daerah," katanya. 
 
Terpisah, Camat Kuwus Yanuarius Syukur mengatakan akibat kejadian tersebut gedung kantor kecamatan tidak bisa digunakan sehingga rumah dinas miliknya saat ini digunakan sementara untuk melakukan aktivitas pelayanan dan pemerintahan. 
 
"Untuk sementara saya mengungsi dari rumah jabatan dan rumah jabatan dipakai sebagai kantor hingga gedung kantor diperbaiki," katanya. 

Baca juga: Tower Telkomsel di Mabar ambruk akibat angin kencang
 
Ia menjelaskan pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Telkomsel sehingga kejadian tersebut dapat ditangani. 

Baca juga: Telkomsel dukung kelancaran seri balapan sepeda motor dunia di Mandalika
 
"Selain gedung yang rusak, karena kemarin tower jatuh itu jaringan kurang bagus," katanya.

Pewarta : Gecio Viana
Editor : Bernadus Tokan
Copyright © ANTARA 2024