Kupang (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Laiskodat menargetkan pembangunan jalan mengelilingi Pulau Semau di Kabupaten Kupang akan dilakukan pada 2020 untuk memperkenalkan sejumlah kawasan wisata di pulau kecil itu.

"Tahun depan kami targetkan akan mulai membangun jalan mengelilingi Pulau Semau agar orang bisa melihat pantai-pantai yang indah di pulau ini," kata Gubernur Laiskodat saat melakukan kunjungan kerja ke Pulau Semau, Kabupaten Kupang, Jumat (29/3).

Dalam kunjungan kerja tersebut, gubernur bertemu dengan sejumlah tokoh masyarakat dan agama di pulau kecil yang letaknya tak jauh dari bibir pantai Tenau Kupang itu serta menyapa ratusan pelajar SMA di pulau itu.

Ia menilai Pulau Semau adalah salah satu pulau di NTT yang indah dengan pemandangan alam serta wisata pantainya yang indah, namun tidak bisa dilihat oleh wisatawan karena akses jalan belum dibangun.

Mengenai anggaran untuk pembangunan jalan lingkar Pulau Semau, kata dia, akan menggunakan dana pinjaman di luar dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), dan akan mengubah status jalan tersebut menjadi jalan provinsi.

"Teknis pembangunan jalan lingkar Pulau Semau, nanti akan kami bahas bersama dengan tim dari Bappenas di Kupang," katanya.

Sementara itu, Camat Semau Joni Ukat mengatakan panjang jalan lingkar luar Pulau Semau yang bakal dibangun nanti mencapai sekitar 1.700 kilometer.

Menurut Joni, jalan lingkar luar Pulau Semau sempat dibangun pada masa pemerintahan Bupati Kupang Paul Lawa Rihi, namun terhenti di tengah jalan tanpa sebuah alasan teknis yang jelas.

"Jika jalan lingkar pulau dibangun, saya optimistis sektor pariwisata di Pulau Semau akan berkembang dengan pesat, karena letaknya tak jauh dari Kota Kupang yang hanya ada di seberang Pulau Timor," katanya.

Baca juga: Kembangkan Pulau Semau jadi obyek wisata
Baca juga: Pemerintah bangun satu embung di Pulau Semau


Pewarta : Kornelis Kaha
Editor : Laurensius Molan
Copyright © ANTARA 2024