PLN Kupang dampingi 536 warga Semau atasi stunting

id NTT,stunting,pulau semau,PLN Kupang

PLN Kupang dampingi 536 warga Semau atasi stunting

PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur (PLN UIW NTT) memberikan bantuan benik ikan Lele sebagai upaya pemberdayaan ekonomi keluarga dalam mengatasi stunting di Pulau Semau Kabupaten Kupang. (ANTARA/HO-PLN Kupang)

Kami berharap dengan adanya bantuan yang diberikan akan meningkatkan perekonomian warga kami sehingga angka stunting menurun...
Kupang (ANTARA) - PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur (PLN UIW NTT) melakukan pendampingan terhadap 536 warga Desa Huilelot Semau, Kabupaten Kupang melalui peningkatan pengetahuan pola asuh, sanitasi dan meningkatkan akses pada makanan bergizi anak balita dan ibu hamil serta meningkatkan perekonomian keluarga sebagai upaya penurunan stunting.

General Manager PLN UIW NTT I Gede Agung Sindu Putra dalam keterangan yang diterima, Kamis, (28/9/2023) mengatakan stunting merupakan masalah bersama, sehingga sebagai masyarakat NTT harus ikut terpanggil untuk mengatasi stunting.

Ia mengatakan PLN NTT sebagai perusahaan negara memiliki tanggung jawab yang sama untuk membantu pemerintah daerah dalam mengatasi setiap permasalahan yang timbul di masyarakat,

Ia mengatakan melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) ”Bersama Sehatkan Anak Semau” (BERNAS) dilakukan penanggulangan angka stunting untuk membantu masyarakat.

"Kami berharap dengan bantuan ini dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan baik sehingga ke depan angka stunting semakin menurun dan akan menciptakan generasi muda yang sehat dan cerdas untuk mendukung pembangunan daerah khususnya dan Indonesia pada umumnya," kata I Gede Agung Sindu Putra.

Program yang berlangsung tiga tahun untuk menurunkan prevalensi anak balita gizi buruk dan stunting dengan memperkuat kapasitas dan ketahanan keluarga melalui peningkatan pengetahuan mengenai pola asuh, meningkatkan akses pada makanan bergizi, serta meningkatkan status gizi anak balita dan ibu hamil.

Adapun bantuan yang di berikan antara lain sosialisasi dan edukasi ibu serta balita di tiga posyandu setiap bulan, pengadaan distribusi dan pemberian makanan tambahan (PMT), pengembangan kebun gizi keluarga, budidaya ikan Lele di lima dusun dan rehabilitasi instalasi air bersih.

General Manager PLN UIW NTT I Gede Agung Sindu Putra berharap melalui bantuan ini dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan baik sehingga angka stunting di Pulau Semau Kabupaten Kupang semakin menurun.

Sementara itu Kepala Desa Huilelot Imanuel Holeng menyampaikan terima kasih kepada PLN yang telah membantu masyarakat Desa Huilelot dalam menurunkan stunting.

Menurut dia bantuan ini sangat berguna bagi kehidupan masyarakat di Desa Huilelot yang pendapatan ekonomi masih sangat rendah.

Baca juga: PLN kerja sama pendanaan transisi energi bersama AIIB dan SMI

"Kami berharap dengan adanya bantuan yang diberikan akan meningkatkan perekonomian warga kami sehingga angka stunting menurun," kata Imanuel.

Baca juga: PLN bantu ternak kepada warga sekitar PLTP Ulumbu Manggarai

Program PLN bekerja sama dengan Jaringan Peduli Masyarakat (JPM) sebagai pengelola untuk melakukan pendampingan terhadap 536 kepala keluarga petani dengan 44 orang ibu hamil dan 17 anak stunting.