Kupang (AntaraNews NTT)  - Puluhan peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 dari Provinsi Nusa Tenggara Timur diharapkan dapat mempopulerkan berbagai kekayaan pariwisata ketika berkunjung ke provinsi lainnya di Tanah Air. 
     
"Semua peserta berasal dari 22 kabupaten/kota di NTT yang masing-masing memiliki kekayaan dan keunikan pariwiata sehingga saya berharap semua itu dipopulerkan ketika adik-adik berkunjung ke provinsi lain," kata Deputi Bisnis PT Pegadaian Area Kupang, I Ketut Winata dalam kegiatan pembekalan terhadap 25 peserta Program SMN 2018 Provinsi NTT di Kupang, Minggu (5/8).
   
Ia menjelaskan, puluhan peserta dari NTT akan diberangkatkan ke Manado, ibu kota Provinsi Sulawesi Utara pada Senin (6/8). Sementara para peserta dari Manado akan berkunjung ke NTT pada Rabu (8/8). 
   
Selama berada di Manado,  lanjut Winata, para peserta dari NTT akan belajar dan hidup berbaur dengan masyarakat setempat serta bertemu dengan instansi-instansi di daerah itu. 
   
Untuk itu, ia meminta para peserta memanfaatkan kesempatan itu untuk menceritakan berbagai potensi kekayaan pariwisata seperti alam laut dan darat serta budaya NTT. 

Baca juga: Peserta SMN-2018 dibekali pengetahuan tentang keunikan NTT 

"Ceritakan semua kekayaan, keindahan,  dan keunikan yang dimiliki di NTT agar orang-orang ingin tahu dan tertarik untuk datang berkunjung ke daerah ini," katanya. 
   
Winata sendiri memaparkan pengetahuan kepada para peserta tentang kekayaan flora dan fauna yang merupakan ciri khas NTT seperti pohon cendana dan satwa purba Komodo (varanus komodoensis).
   
"Contoh ini merupakan bagian dari kekayaan alam yang sangat melekat dengan NTT sehingga kita semua wajib melestarikan dan mempopulerkan agar tetap menjadi daya tarik untuk daerah ini," katanya.
     
Winata juga meminta agar masing-masing peserta mendalami pengetahuannya tentang berbagai kekayaan di NTT melalui buku maupun sumber-sumber lain dari internet sehingga bisa diceritakan secara baik dan lengkap kepada masyarakat di daerah yang dikunjungi.
   
Dalam kegiatan pembekalan itu, setiap peserta yang merupakan perwakilan dari 22 kabupaten/kota se-NTT juga diberikan kesempatan untuk menceritakan keunikan dan kekayaan pariwisata di masing-masing daerahnya. 
   
Selain itu, mereka juga diperkenalkan tentang bidang pekerjaan sejumlah BUMN seperti PT Pegadaian, PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ASABRI), dan PT Garam (Persero).

Pewarta : Aloysius Lewokeda
Editor : Laurensius Molan
Copyright © ANTARA 2024