Pemkab Kupang optimalkan peran petugas PPL

id NTT,pertanian,petugas PPL,kabupaten kupang,korinus masneno

Pemkab Kupang optimalkan peran petugas PPL

Bupati Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur Korinus Masneno ANTARA/Benny Jahang

Peran petugas penyuluh pertanian sangat besar. Hal itu dirasakan para petani di Kabupaten Kupang yang selalu mendapat pendampingan petugas penyuluh dalam pembangunan pertanian...
Kupang (ANTARA) - Bupati Kupang, Nusa Tenggara Timur, Korinus Masneno mengatakan petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) memiliki kontribusi besar dalam percepatan pembangunan sektor pertanian sehingga terus berkembang pesat.

"Peran petugas penyuluh pertanian sangat besar. Hal itu dirasakan para petani di Kabupaten Kupang yang selalu mendapat pendampingan petugas penyuluh dalam pembangunan pertanian,"kata Bupati Korinus Masneno terkait peran petugas penyuluh pertanian dalam pembangunan sektor pertanian, di Kupang Sabtu, (7/1/2024).

Ia mengatakan peran para penyuluh menjadi garda terdepan dalam membangun sektor pertanian sehingga pembangunan pertanian di kabupaten yang berbatasan dengan wilayah Oecusse Timor Leste itu terus menggeliat.

"Peran penyuluh dalam mensukseskan kegiatan pertanian sangat penting dan jadi nafas petani di Kabupaten Kupang," kata Bupati Korinus Masneno.

Bupati Kupang Korinus Masneno memberi apresiasi kepada Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kupang, Amin Juariah bersama para koordinator PPL atas kerja kerasnya membantu masyarakat dalam bidang pertanian.

"Kami merasa bahwa para PPL adalah napas kehidupan dari para petani karena selalu berada di tengah para petani," kata Korinus Masneno.

Ia mengatakan tanpa penyuluh para petani mengalami kesulitan baik dalam menerapkan teknologi pertanian, salah dalam pilihan bibit yang tepat maupun semua hal teknis pertanian lainnya.

Dia juga berharap para petugas PPL di Kabupaten Kupang untuk terus meningkatkan kapasitas pengetahuan sebelum memperkuat orang lain.

Bupati Korinus Masneno juga berharap agar para PPL lebih banyak mendorong petani-petani muda atau petani-petani milenial buat eksperimen mulai dari menanam sampai saatnya memanen sehingga petani di Kabupaten Kupang semakin profesional dalam bidang pembangunan pertanian sesuai kemajuan teknologi bidang pertanian.

Baca juga: Karantina Pertanian musnahkan 115 kilogram daging cegah PMK

Baca juga: Opini - Melestarikan swasembada beras di Indonesia