Aktivis kampanye bebas kandang baterai

id aktivis hewan,tebet ecopark,hari konsumen,ayam petelur,kandang baterai

Aktivis kampanye bebas kandang baterai

Aktivis dalam balutan kostum ayam sedang berinteraksi dengan pengunjung Tebet Ecopark,  Jakarta Selatan, Jumat (17/3/2023). (ANTARA/HO)

...Kami ingin konsumen tahu mereka berhak mendapatkan informasi dari mana asal produk yang mereka beli dan bagaimana produk tersebut diproduksi, kata Elfha Shavira, Manajer Kampanye Act For Farmed Animals dalam keterangannya, Jumat
Jakarta (ANTARA) - Memperingati Hari Hak Konsumen Sedunia, para aktivis perlindungan hewan yang dimotori Act for Farmed Animals, koalisi organisasi perlindungan hewan di Asia, Animal Friends Jogja, dan Sinergia Animal berinteraksi dengan pengunjung Tebet Ecopark, Jakarta Selatan, Jumat, (17/3/2023).

Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran terhadap kandang baterai untuk ayam petelur.

Seorang aktivis terlihat mengenakan kostum ayam dan memperlihatkan replika kandang baterai dengan ayam-ayam berjejalan di dalamnya, untuk menarik perhatian publik, sekaligus mengajak mereka memeluk ayam dan menunjukkan empati dengan menonton video yang menunjukkan kenyataan sistem kandang baterai.

"Kami ingin konsumen tahu mereka berhak mendapatkan informasi dari mana asal produk yang mereka beli dan bagaimana produk tersebut diproduksi," kata Elfha Shavira, Manajer Kampanye Act For Farmed Animals dalam keterangannya, Jumat.

Aktivis menyebut restoran cepat saji perlu turut andil dalam memberikan transparansi informasi dari mana produk mereka berasal. Sebagai konsumen, salah satu cara untuk menuntut hak mereka adalah dengan menandatangani petisi.

Salah satunya, meminta jaringan restoran sandwich internasional, Subway, untuk menerbitkan kebijakan resmi yang menjamin penggunaan telur di lebih dari 50 gerai mereka di Indonesia, berasal dari peternakan bebas kandang baterai dengan jangka waktu yang spesifik. Hampir 17.000 orang telah menandatangani petisi tersebut di change.org/NoMoreCagesSubway.

Elfha mempertanyakan standar ganda yang dilakukan di rantai perusahaan tersebut di mana di beberapa negara lain Subway sudah berkomitmen untuk tidak menggunakan telur dari kandang baterai dan menyertakan tenggat target tahun tercapainya transisi tersebut. Komitmen ini mereka miliki di Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, Taiwan dan Korea Selatan.

"Penting bagi konsumen, bahwa Subway memberikan tingkat kepedulian dan rasa hormat yang sama kepada manusia dan hewan di setiap negara mereka beroperasi, termasuk di Indonesia," katanya. 

Permasalahan kandang baterai