Human Resources Department berperan penting tingkatkan SDM, menurut Muhamad Ihsan

id sdm,humas,HR

Human Resources Department berperan penting tingkatkan SDM, menurut Muhamad Ihsan

General Manager R dan & Warta Ekonomi Group (ANTARA/HO-tanggapan layar)

Divisi Human Resources (HR) ini memiliki tugas untuk membangun dan memberikan inovasi untuk menciptakan sistem kerja yang ideal, baik dari tahap perekrutan, pelaksanaan hingga evaluasi performa tenaga kerja, peran dan fungsi HR yang optimal sangat di
Kupang (ANTARA) - CEO & Chief Editor Warta Ekonomi Group Muhamad Ihsan mengatakan salah satu aspek dan divisi perusahaan yang berperan penting dalam memajukan sumber daya manusia (SDM) Indonesia adalah Human Resources Department. 

Oleh karena itu, Warta Ekonomi ingin memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada perusahaan yang dengan konsisten melakukan peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam perusahaannya melalui penghargaan Indonesian Human Resources Awards 2023. Penghargaan ini merupakan kedua kalinya yang diberikan untuk perusahaan yang terus meningkatkan kapabilitas sumber daya manusia," tutur CEO & Chief Editor Warta Ekonomi Group Muhamad Ihsan dalam sambutannya pada Kamis (30/3/2023).

Dia mengemukakan hal itu pada acara penghargaan Indonesian Human Resources Awards yang diselenggarakan Warta Ekonomi Group (Warta Ekonomi) melalui anak perusahaannya, PT Kuadran Satu Komunika (Quadrant1 Komunika).

Event organizer acara offline dan online untuk kedua kalinya pada tahun ini dengan mengangkat tema Indonesian Human Resources Awards 2023: Exploring Human Capabilities to Pursue Core Strategies in Digitalization Era. 

Sebagai wadah aktif bagi masyarakat Indonesia dalam mengembangkan potensi anak bangsa, perusahaan dalam berbagai bidang industri memiliki peranan yang penting utamanya dalam memberikan dukungannya terhadap implementasi strategi pengembangan SDM yang dicanangkan oleh pemerintah. Karena tidak hanya menyediakan lapangan kerja, perusahaan juga menjadi tempat di mana fasilitas, program, serta sistem kerja yang efektif dapat menghasilkan budaya kerja yang baik bagi tenaga kerja Indonesia ke depannya. 

"Divisi Human Resources (HR) ini memiliki tugas untuk membangun dan memberikan inovasi untuk menciptakan sistem kerja yang ideal, baik dari tahap perekrutan, pelaksanaan hingga evaluasi performa tenaga kerja, peran dan fungsi HR yang optimal sangat dibutuhkan setiap perusahaan. Pengembangan SDM yang dilakukan di bisnis perusahaan sangatlah penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kinerja perusahaan," terang Ihsan.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Ida Fauziyah dalam keynote speech-nya menyampaikan bahwa meskipun saat ini Indonesia telah mulai bergerak dalam perbaikan kondisi perekonomian dan sektor ketenagakerjaan. 

Namun, upaya pembangunan ketenagakerjaan di Indonesia masih terus berlanjut dan menghadapi tantangan yang kompleks, termasuk karena adanya ketidakpastian ekonomi global tahun 2023, kualitas angkatan kerja Indonesia yang masih rendah, tingkat produktivitas pekerja Indonesia masih di bawah rata-rata ASEAN, dan tantangan mengantisipasi gelombang digitalisasi di dunia kerja yang sangat masif saat ini.

Memberikan apresiasinya, Menaker Ida menyampaikan, "inisiatif  Warta Ekonomi melalui penganugerahan tahunan Indonesia Human Resources Awards 2023, saya percaya ini merupakan acara penting yang mendukung upaya pemerintah dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia dan produktivitas tenaga kerja. 

Apalagi tema tahun ini yang berfokus pada penciptaan strategi yang tepat untuk menghadapi era digitalisasi sangat relevan dan fundamental untuk dilaksanakan di tengah dinamika perubahan dunia ketenagakerjaan yang kita rasakan saat ini. Saya yakin adanya penghargaan tahunan ini akan semakin mendorong para insan HR yang ada di perusahaan untuk terus bekerja dan berinovasi agar bisa terus bersaing di era revolusi digital ini. Hal ini pada akhirnya akan mendorong perusahaan agar bisa terus maju dan bersaing di tingkat global dan tentunya berkontribusi positif bagi perekonomian nasional,”.

Digitalisasi telah mendorong perubahan besar dalam kultur atau budaya bekerja pada saat ini di mana tren digitalisasi merupakan tantangan besar terutama bagi negara berkembang seperti Indonesia karena digitalisasi terjadi di masa bonus demografi yang membutuhkan penciptaan lapangan pekerjaan yang cukup bagi populasi yang besar dan terus bertambah. Tantangan besarnya tentu akan berfokus pada peningkatan kompetensi tenaga kerja yang dalam waktu singkat agar dapat mengikuti arus digitalisasi di dunia. 

Oleh karenanya menurut Menaker Ida, divisi HR merupakan kunci bagi perusahaan untuk membangun link and match antara kompetensi calon pekerja dengan kebutuhan perusahaan dan perkembangan zaman. Divisi ini memiliki peran penting dalam pengembangan kompetensi dan karir karyawan, artinya bahwa HR berperan sangat besar tidak hanya dalam peningkatan produktivitas dan daya saing perusahaan, akan tetapi juga menjadi kunci dalam penyerapan tenaga kerja ke dalam perekonomian saat ini. 

Selaras dengan ini, Ihsan menambahkan, "tema Exploring Human Capabilities to Pursue Core Strategies in Digitalization Era dipilih sebagai tema karena implementasi pengembangan sumber daya manusia yang baik dilakukan dengan mengeksplorasi kemampuan sumber daya manusia guna mencapai strategi yang akan memberikan dampak positif pada kinerja perusahaan maupun pertumbuhan ekonomi Indonesia secara terus menerus dan berkesinambungan. Diharapkan, para pemenang penghargaan dapat bersinergi dan berkinerja baik untuk membangun Indonesia".

Baca juga: Artikel - Menyiapkan SDM berkualitas songsong IKN Nusantara