Pemkab Mabar relokasi pemasangan ultilitas di Labuan Bajo

id NTT,program strategis nasional,kawasan wisata labuan bajo

Pemkab Mabar relokasi pemasangan ultilitas di Labuan Bajo

Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur Fransiskus Sales Sodo sedang menanfatangani perjanjian kerja sama dengan Kementerian PUPR RI terkait pemindahan ultilitas guna mendukung pembangunan jalan nasional dalam kawasan Kota Labuan Bajo. (ANTARA/HO-Dinas Kominfo Kabupaten Manggarai Barat)

...Pembangunan jalan nasional yang masuk dalam program KSPN Labuan Bajo harus dibangun dengan baik, kata Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Barat Fransiskus Sales Sodo di Kupang, Rabu, (22/11/2023)
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI menandatangani  kerja sama melakukan pemindahan pemasangan ultilitas milik pemerintah dan BUMN, BUMD guna memudahkan kegiatan pembangunan jalan nasional di kawasan strategis pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo.

"Pembangunan jalan nasional yang masuk dalam program KSPN Labuan Bajo harus dibangun dengan baik," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Barat Fransiskus Sales Sodo di Kupang, Rabu, (22/11/2023).

Fransiskus Sales Sodo mengatakan hal itu dalam kegiatan Focus Group Discusion (FGD) mengenai pemindahan atau relokasi dan pemasangan ultilitas dari beberapa peralatan milik pemerintah beserta BUMN dan BUMD yang berlangsung di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Ruas jalan nasional yang masuk dalam kawasan strategis pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo yaitu ruas jalan Pelabuhan Multipurpose Wae Kelambu hingga Langka Kabe dan Labuan Bajo-Ruteng.

Fransiskus Sales Sodo berharap seluruh pihak yang terkait dalam melaksanakan pembangunan jalan nasional Labuan Bajo bisa secara aktif terlibat agar seluruh rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir dapat berjalan tepat waktu.

"Program KSPN Labuan Bajo merupakan program strategis nasional. Apapun alasannya harus tindaklanjuti. Perlu diingat bahwa ini merupakan babak akhir dari program Presiden Joko Widodo untuk program KSPN Labuan Bajo yang harus diselesaikan dan tidak boleh menimbulkan masalah. Untuk itu dibutuhkan dukungan masing masing pihak terkait untuk bersinergi," katanya Fransiskus Sales Sodo.

Kepala Balai Jalan Nasional Wilayah NTT, Agustinus Junianto mengatakan, Kementerian PUPR sejak tahun 2020 sudah membangun infrastruktur jalan di Labuan Bajo sebagai KSPN dengan melaksanakan pembangunan dan peningkatan pada ruas jalan dalam kota Labuan Bajo dan sekitarnya.

Baca juga: FP NTT kampanyekan teritorial baru wisata di wilayah timur

Terlaksananya semua program itu kata Junianto tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak termasuk Pemda Manggarai Barat.

Baca juga: BPOLBF sebut Desa wisata Golo Loni perkuat pariwisata Flores

Ia mengatakan pada 2023 Kementerian PUPR akan membangun jalan nasional Pelabuhan Multipurpose hingga Langka Kabe dan ruas.jalan dari Labuan Bajo menuju Ruteng untuk itu dibutuhkan dukungan dan kerja sama yang baik dengan semua pihak agar kegiatan pembangunan infrastruktur jalan di kawasan wisata Labuan Bajo berlangsung dengan sukses.