TNI-Polri dan warga gotong royong tangani sampah cegah DBD

id TNI Manunggal,NTT,Kota Kupang

TNI-Polri dan warga gotong royong tangani sampah cegah DBD

Sejumlah warga dan TNI menangani sampah di selokan di Kota Kupang, Jumat (8/12). ANTARA/HO-Penrem 161/Kupang

...Tujuan kegiatan karya bakti ini untuk mewujudkan kondisi lingkungan yang hijau, bersih dan sehat serta guna antisipasi terjadinya bencana banjir dan munculnya wabah penyakit
Kupang (ANTARA) - Sejumlah personel TNI AD bersama Polri, pemda, dan masyarakat menggelar bakti sosial membersihkan sejumlah lokasi dari sampah guna mencegah demam berdarah dengue serta banjir saat musim hujan di Oesapa, Kota Kupang, NTT.

Dandim 1604/Kupang Kolonel Inf Wiwid Jalu Wibowo di Kupang, Jumat, (8/12/2023)  mengatakan kurang lebih 1.200 personel dari berbagai unsur dilibatkan dalam kegiatan tersebut.

"Tujuan kegiatan karya bakti ini untuk mewujudkan kondisi lingkungan yang hijau, bersih dan sehat serta guna antisipasi terjadinya bencana banjir dan munculnya wabah penyakit," katanya.

Dia menyebutkan sasaran kegiatan, meliputi penanganan sampah dan saluran air yang menyebabkan banjir, serta tempat rentan bersarang nyamuk, khususnya daerah pertokoan, pasar, perkantoran, dan pemukiman padat penduduk.

Kegiatan tersebut, katanya, tindak lanjut instruksi Kepala Staf Angkatan Darat, wujud kepedulian TNI AD, Korem 161/Wira Sakti, guna mendukung pemda dalam mewujudkan lingkungan bersih, sebagai upaya mengantisipasi banjir di wilayah setempat saat musim hujan.

"Kegiatan ini juga merupakan aktualisasi dari salah satu tugas pokok TNI dalam pelaksanaan tugas operasi militer selain perang, yang dapat terlaksana berkat adanya dukungan sinergitas yang tinggi antara Korem 161/Wira Sakti dengan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat di wilayah, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat, yang harus senantiasa dibangun dan ditingkatkan," katanya.

Dia mengajak seluruh komponen masyarakat NTT, khususnya Kota Kupang, untuk menyatukan komitmen dan senantiasa menjaga kebersihan serta keasrian lingkungan sekitar, serta menjadikan Kota Kupang sebagai "Kota Kasih" yang "hijau dan bersih".

Baca juga: Kasad resmikan 10 pompa hidram di Kabupaten TTS

Masrukhan, warga setempat, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kegiatan ini.

Baca juga: Hari Infanteri, Danrem harapkan manunggal TNI-rakyat tetap terjaga

"Saat musim hujan pasti airnya meluap di jalan maupun di dalam rumah, sehingga bahaya bagi kami jika muncul DBD. Dengan adanya pembersihan saluran air seperti ini saya sangat-sangat bersyukur kepada TNI jajaran Korem 161/Kupang," katanya.