Kejaksaan sosialisasi pencegahan korupsi bagi pelajar di Kota Kupang

id NTT,kasus korupsi,hari anti korupsi

Kejaksaan sosialisasi pencegahan korupsi bagi pelajar di Kota Kupang

Asisten Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur Ridwan Ansar (tengah) saat menunjuk uang hasil sitaan dalam kasus korupsi proyek pembangunan persemaian modern di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat beberapa waktu lalu. (ANTARA/Benny Jahang)

Lebih baik mencegah dari pada menindak, sehingga Kejaksaan terus gencar melakukan penyuluhan hukum hingga anak-anak sekolah...
Kupang (ANTARA) - Kejaksaan Tinggi Provinsi Nusa Tenggara Timur melakukan sosialisasi pencegahan tindak pidana korupsi kepada para pelajar di berbagai lembaga pendidikan di Kota Kupang sebagai upaya dini dalam mencegah korupsi.

"Penyuluhan yang dilakukan bagi para pelajar ini sebagai upaya Kejaksaan NTT dalam mencegah  korupsi yang dilakukan sejak dini," kata Pelaksana Tugas Kepala Kejaksaan Tinggi  NTT, Riano Budisantoso usai perayaan hari anti korupsi di Kupang, Sabtu, (9/12/2023).

Ia mengatakan upaya pencegahan korupsi terus gencar dilakukan Kejaksaan di NTT dengan memperluas kegiatan sosialisasi dan edukasi bagi para pelajar di berbagai sekolah di Kota Kupang tentang pencegahan korupsi.

“Sosialisasi di sekolah-sekolah itu merupakan bentuk pencegahan dini kasus korupsi bagi para pelajar, saat ini kami melakukan penyuluhan hukum bagi anak-anak sekolah di berbagai sekolah di Kota Kupang,”kata Riano Budisantoso.

Menurut Rianto Budiantoso, penyuluhan hukum terhadap anak-anak sekolah ini, bertujuan untuk mencegah adanya Tipikor sejak usia dini. 

Diakuinya, bahwa tindak pidana korupsi saat ini banyak terjadi bukan saja di NTT namun secara keseluruhan di wilayah Indonesia terjadi kasus korupsi dengan berbagai modus.

“Lebih baik mencegah dari pada menindak, sehingga Kejaksaan terus gencar melakukan penyuluhan hukum hingga anak-anak sekolah,” kata Riano Budisantoso yang juga merupakan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi NTT ini.

Baca juga: Bea Cukai Kupang tekankan integritas dalam layanan bagi pengguna jasa

Selain itu, Kejati NTT melakukan pendampingan dan memberikan penyuluhan terhadap sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pemerintah kabupaten/kota yang dinilai sangat rawan terjadi tindak pidana korupsi.

Baca juga: Penjabat Wali Kota Kupang prioritas berantas KKN

“Korupsi itu terjadi bukan saja di NTT tetapi diseluruh tanah air sehingga Kejaksaan gencar melakukan penyuluhan hukum dan memberikan pendampingan kepada sejumlah SKPD atau Satuan kerja yang kami nilai rawan korupsi,”kata Riano Budisantoso.