Opini - Keberagaman sebagai jalan kesejahteraan

id Bangsa majemuk,keadilan sosial,bhinneka tunggal ika,opini,telaah Oleh Dr Taufan Hunneman*)

Opini - Keberagaman sebagai jalan kesejahteraan

Pancasila merupakan pandangan hidup, dasar negara dan pemersatu Bangsa Indonesia yang majemuk. (1)

...Masyarakat di Tanah Air pada dasarnya memiliki semangat solidaritas sosial yang tinggi. Negara bisa memfasilitasi bila ada dermawan yang ingin berbagi. Juga banyak perundang-undangan di negeri ini yang didasarkan pada semangat egalitarianism dan s
Jakarta (ANTARA) - Indonesia merupakan bangsa majemuk yang memiliki keragaman budaya, dengan latar belakang kesukuan, agama, maupun ras yang berbeda-beda.

Selain memiliki beragam budaya yang khas, Indonesia juga memiliki 1.128 lebih suku bangsa yang bermukim di ribuan pulau dari Sabang sampai Merauke.

Fenomena kemajemukan Indonesia terlihat dari jumlah, komposisi, dan sebaran penduduk berdasarkan aspek-aspek sosial budaya. Selain kemajemukan budaya, kesatuan bangsa Indonesia juga didasari oleh kesatuan pandangan, ideologi, serta falsafah hidup dalam berbangsa dan bernegara.

Meskipun berbeda, namun tetap sama di bidang hukum, hak dan kewajiban, serta kehidupan sosialnya yang berasaskan kekeluargaan.

Di sisi lain, pluralisme bisa dikatakan sebagai etika global yang didasarkan pada penderitaan manusia akibat rendahnya solidaritas.

Negara bisa mendorong solidaritas sosial, sebagaimana terjadi di negara kawasan Skandinavia, sekadar menyebut model, sehingga dengan pluralisme tersebut akan tercapai kesejahteraan manusia dan lingkungannya.

Keberagaman di negeri ini, juga layak menjadi contoh yang baik, termasuk tentang bagaimana kehidupan kerukunan antaretnis. Keberagaman di Indonesia memang berasal dari tradisi masa lalu.


Jalan kesejahteraan