Basarnas Kupang siaga jelang Natal di Bandara El Tari

id NTT,liburan nata,arus mudik,Natal

Basarnas Kupang siaga jelang Natal di Bandara El Tari

Tim SAR Kantor Basarnas Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur selalu dalam kondisi siaga SAR di pelabuhan Tenau Kupang . (ANTARA/HO-Basarnas Kupang)

Perkiraan lonjakan warga yang berlibur meningkat sehingga Basarnas harus lebih waspada dan hati-hati...
Kupang (ANTARA) - Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), I Putu Sudayana melakukan pemantauan kegiatan ke Posko Siaga SAR di Bandara Udara El Tari guna melihat kesiapsiagaan anggota selama liburan dan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kepala Kantor Basarnas Kupang I Putu Sudayana ketika dihubungi di Kupang, Jumat, (22/12/2023) mengatakan siaga SAR khusus Natal dan Tahun Baru berlangsung sejak 18 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

Ia mengatakan ada 74 personel Basarnas Kupang yang dilibatkan dalam kegiatan siaga SAR khusus yang disebar di beberapa titik posko terpadu, dengan lokasi yang menjadi fokus utama Kantor Basarnas Kupang meliputi Pelabuhan Laut Tenau, pelabuhan penyeberangan Feri Bolok, Bandara El Tari, serta tempat-tempat wisata yang dikhawatirkan mengalami lonjakan kunjungan wisatawan selama liburan.

Selain itu menurut I Putu Sudayana fokus pemantauan dalam siaga natal dan tahun juga dilakukan posko bandar Udara Umbu Mehang Kunda Waingapu, pelabuhan Nusantara Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, posko bandara Udara D.C. Saudale dan posko pelabuhan Ba’a, Kabupaten Rote Ndao, serta posko bandar Udara A. A. Bere Tallo dan Pelabuhan Atapupu di Kabupaten Belu.

"Perkiraan lonjakan warga yang berlibur meningkat sehingga Basarnas harus lebih waspada dan hati-hati. Perencanaan sudah kami lakukan dengan baik, tetapi pelaksanaannya juga harus baik,” kata I Putu Sudayana.

Baca juga: Posko Bandara El Tari catat pemudik H-3 Natal alami penurunan

Ia juga berharap pelaksanaan posko pemantauan ini akan semakin meningkatkan sinergi antara Basarnas dengan pihak TNI/ Polri, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), ASDP, dan berbagai instansi terkait lainnya.

Baca juga: BPOM Kupang ingatkan warga teliti membeli produk makanan jelang Natal

“Kepada segenap aparat dan petugas, baik yang berada di posko maupun di lapangan. Saya berpesan harus siap dengan langkah – langkah antisipatif terhadap segala dinamika di lapangan dan melaksanakan tugas dengan baik, mengedepankan kesabaran, dan memposisikan diri sebagai pelayan masyarakat yang dapat diandalkan," katanya.