Pj Gubernur ajak perusahaan di Lampung berinvestasi di NTT

id NTT,Perusahaan buah di Lampung,Pj gubernur,peningkatan ekonomi NTT,perkebunan di NTT

Pj Gubernur ajak perusahaan di Lampung berinvestasi di NTT

Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Timur Ayodhia G. L. Kalake (kanan) saat meninjau pabrik pengolahan buah milik PT. GPP di Lampung. ANTARA/Ho-Humas Pemprov NTT.

Tadi kami sudah meninjau mulai pabrik pengolahan nanas, dan lahan perkebunan nanas jambu hingga lokasi peternakan sapi. Ini saya harapkan bisa diterapkan di NTT...
Kupang (ANTARA) - Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Timur Ayodhia G. L. Kalake mengajak perusahaan yang bergerak di sektor perkebunan di Provinsi Lampung untuk berinvestasi serta ikut mengembangkan potensi komoditas buah di provinsi berbasis kepulauan itu.

“Maksud dari kedatangan kami disini adalah untuk melihat langsung pengembangan dan proses produksi komoditi buah di sini seperti nanas, pisang dan jambu hingga pengolahan pada pabrik industrinya,” katanya dalam keterangan yang diterima di Kupang, Selasa, (27/2/2024) saat berkunjung ke PT Great Giant Pineapple.

Dia mengatakan bahwa di NTT, ada banyak sekali potensi komoditi di bidang pertanian dan perkebunan, namun belum dikerjakan dengan maksimal.

Saat berkunjung ke lokasi tersebut, Ayodhia dan rombongan diberikan kesempatan untuk berkeliling dan melihat langsung pabrik proses produksi buah nanas mulai dari tahap awal hingga pengemasan (pengalengan) serta jus nanas olahan sebagai produk utama PT Great Giant Pineapple.

“ Tadi kami sudah meninjau mulai pabrik pengolahan nanas, dan lahan perkebunan nanas jambu hingga lokasi peternakan sapi. Ini saya harapkan bisa diterapkan di NTT. Oleh sebab itu kami turut mengundang PT GPP untuk berinvestasi di NTT. Nanti bisa berkoordinasi dengan baik bersama kami," ujar dia.

Dia menjelaskan bahwa di NTT ada beberapa produk unggulan diantaranya adalah buah pisang, pepaya, manggis, mangga, nangka, alpukat, nanas dan jambu biji. 

Buah pisang  ujar dia menjadi produksi terbesar mencapai hampir 230.000 ton per tahun di provinsi berbasis kepulauan itu.

Ia juga mengatakan, secara geografis Wilayah NTT sangat dekat ke Timor Leste dan Australia sehingga bisa menambah nilai pasar baik dari produksi pengolahan buah ataupun pasar untuk ternak sapi.

Director of Corporate Affairs PT Great Giant Pineapple Welly Soegiono menilai tawaran untuk berinvestasi di NTT  sangat baik karena selain saat ini sudah ada di Lampung dalam hal ini di bagian barat Indonesia, dia juga ingin melebarkan sayapnya ke Indonesia bagian timur. 

“Untuk nantinya bisa dukung suplai produksi ke Jepang dan China," ujar dia.

Namun ujar dia, untuk berinvestasi di NTT khususnya terkait komoditas pisang, dia meminta untuk dibantu titik lokasi yang tepat serta titik koordinatnya untuk dilakukan studi kelayakan.

“Nanti kita buatkan desk study selanjutnya disampaikan kepada Bapak Penjabat Gubernur NTT. Beberapa hal lain yang patut diperhatikan adalah idealnya kita kembangkan 1 hamparan dengan luasan lahan 5.000 Hektare,”ujar dia.

Namun jika1.000  Ha secara terpisah dan berdekatan itu bisa juga. Selain itu  lahannya juga tidak bisa yang berbukit-bukit atau curam dan harus yang datar atau yang landai dengan kemiringan maksimal 80 persen. 

“Kita juga harapkan agar keterlibatan petani lokal setempat menjadi salah satu prioritas,” jelas Welly.

Ia juga menegaskan pentingnya akses transportasi yang baik, agar kondisi buah ataupun yang sudah menjadi hasil olahan tetap terjaga sebab sangat penting produksinya harus tetap dalam kondisi bagus dengan baik sampai ke konsumen.

Tak hanya itu untuk bisa berinvestasi di NTT dia meminta pemerintah NTT menyiapkan pelabuhan yang moderen sesuai standar perdagangan. Karena 95 persen bisnis perdagangan dunia adalah dari jalur laut. 

“Dengan adanya pelabuhan yang baik di NTT saya kira itu akan sangat membantu pemasaran atau pasar kami melalui wilayah Indonesia timur ke luar negeri,” tambahnya.


Baca juga: Pj. Gubernur NTT minta dinas pertanian mulai distribusi benih ke petani

Baca juga: Pj Gubernur NTT minta penyaluran bantuan bagi korban erupsi Lewotobi secara baik

Baca juga: PJ Gubernur: Realisasi investasi di NTT capai Rp4 triliun