Emas turun seiring penguatan dolar AS

id Harga Emas,Emas Berjangka,Federal Reserve,Logam Mulia,Emas

Emas turun seiring penguatan dolar AS

Ilustrasi - Emas batangan pada uang kertas 100 dolar AS. ANTARA/Shutterstock/pri.

Setelah reli tajam pada pekan lalu, emas membutuhkan koreksi dan konsolidasi...

Jakarta (ANTARA) - Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange mengalami penurunan pada Kamis pagi (Jumat) karena penguatan dolar Amerika Serikat (AS).

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman April tercatat menurun 6,00 dolar AS atau 0,28 persen menjadi ditutup pada 2.161,50 dolar AS per ounce.

Setelah reli tajam pada pekan lalu, emas membutuhkan koreksi dan konsolidasi.

Data ekonomi yang dirilis pada Jumat (15/3) beragam. Federal Reserve melaporkan bahwa produksi industri AS naik 0,1 persen pada Februari setelah turun dua bulan.

Kemudian, indeks sentimen konsumen dari University of Michigan mencatat penurunan menjadi 76,5 di Maret, sedikit di bawah angka Februari yang sebesar 76,9.

Adapun indeks kondisi bisnis Empire State The Fed New York yang mengukur aktivitas manufaktur di negara bagian tersebut menurun 18,5 poin di Maret menjadi negatif 20,9.

Lebih lanjut, Federal Reserve akan mengadakan pertemuan kebijakan moneter Maret pada Selasa (19/3) dan diakhiri pada Rabu (20/3) dengan pengumuman.

Terkait logam mulia perak, untuk pengiriman Mei meningkat 32,10 sen atau 1,28 persen menjadi ditutup pada 25.381 dolar AS per ounce. Harga platinum untuk pengiriman April meningkat 7,80 dolar AS atau 0,97 persen ditutup menjadi 943,50 dolar AS per ounce.

Baca juga: Emas menguat seiring pelemahan dolar AS

Baca juga: Harga emas Antam hari ini tidak berubah

Baca juga: Harga emas alami kenaikan jadi 2.141,90 dolar AS

Baca juga: Emas alami kenaikan seiring pelemahan imbal hasil obligasi AS



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Harga emas menurun seiring penguatan dolar AS