Polres Mabar rutin cek kesehatan personel dalam Operasi Turangga

id Polres Mabar, Polres Manggarai Barat, Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, NTT, pemeriksaan kesehatan,Operasi Ketupat Turan

Polres Mabar rutin cek kesehatan personel dalam Operasi Turangga

Suasana pemeriksaan personel kepolisian yang melakukan pengamanan dalam Operasi Ketupat Turangga 2024 di Labuan Bajo. (ANTARA/HO-Humas Polres Manggarai Barat)

Untuk menunjang kesehatan dan stamina anggota Polri maupun instansi terkait serta masyarakat selama pelaksanaan pengamanan...
Labuan Bajo (ANTARA) - Polres Manggarai Barat (Mabar), Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur (NTT) rutin mengecek kesehatan para personel yang melakukan pengamanan Operasi Ketupat Turangga 2024 di Labuan Bajo.

"Untuk menunjang kesehatan dan stamina anggota Polri maupun instansi terkait serta masyarakat selama pelaksanaan pengamanan," kata Kapolres Mabar AKBP Ari Satmoko melalui Kepala Seksi Kedokteran dan Kesehatan (Kasi Dokkes) Polres Mabar Ipda dr Gde Yoga Ari dalam keterangan yang diterima di Labuan Bajo, Minggu (14/4).
 
Ia menjelaskan, pemeriksaan kesehatan dilakukan di sejumlah pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu di Labuan Bajo.
 
Dalam pelayanan, kata dia, Seksi Dokkes Polres Mabar didukung satu unit kendaraan ambulans untuk memastikan bantuan medis dapat diberikan secara cepat dan efisien.
 
Ia menambahkan, kesejahteraan dan kesehatan personel merupakan prioritas utama dalam menjalankan tugas operasional.
 
"Kami turun langsung ke lapangan, layanan ini untuk memastikan fisik personel dalam keadaan optimal selama 13 hari operasi ini berlangsung," katanya.
 
Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan, lanjut dia, termasuk pemeriksaan tekanan darah dan pemberian multivitamin.
 
"Layanan ini tidak hanya terbuka untuk anggota Polri, tetapi juga untuk petugas pengamanan dari instansi terkait lainnya serta warga," jelasnya
 
Ia juga menjelaskan, tidak hanya melakukan pemeriksaan kesehatan berkala, tetapi dalam kesempatan itu memberikan imbauan dan saran kepada petugas untuk menjaga kesehatan selama bertugas.
 
Menurut dia, pemeriksaan kesehatan dilakukan sebagai bentuk nyata untuk mencegah dan meminimalisir adanya petugas maupun pemudik yang mengalami sakit atau kelelahan.

Baca juga: Polres Mabar minta warga laporkan jika temukan pesta miras

Baca juga: Polres Mabar imbau peserta malam takbiran patuhi aturan
 
"Bila ditemukan adanya petugas maupun pemudik yang mengalami sakit, kami akan langsung membawanya dengan menggunakan mobil ambulans untuk dirujuk menuju ke rumah sakit terdekat guna diberikan pertolongan lebih lanjut," katanya.

Baca juga: Polres Mabar kerahkan ratusan personel amankan takbiran