Pesohor kecam keputusan wasit saat Indonesia lawan Uzbekistan

id Piala asia u23,timnas

Pesohor kecam keputusan wasit saat Indonesia lawan Uzbekistan

Para pemain timnas Indonesia U23 berfoto sesaat sebelum dimulainya pertandingan semifinal Piala Asia U23 kontra Uzbekistan di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Doha, Senin (29/4/2024). (Photo by Karim JAAFAR / AFP) (AFP/KARIM JAAFAR)

...Semua dihancurkan wasit VAR Thailand kampret yang memang tak mau Indonesia melebihi negaranya, kata Darius dalam akun X @Dsinathrya
Jakarta (ANTARA) -
Para pesohor beramai-ramai mengecam keputusan wasit Shen Yinhao dan wasit video assistant referee (VAR), Sivakorn Pu-udom, dalam pertandingan semifinal Piala Asia U-23 antara Indonesia melawan Uzbekistan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar, Senin (29/4).
 
Dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa, (30/4/2024) aktor dan juga presenter sepak bola Darius Sinathrya meluapkan kekesalan di akun X miliknya, seusai laga yang dimenangkan Uzbekistan dengan skor 2-0.
 
Pria yang selalu setia mendukung tim nasional sepak bola Indonesia itu mengungkapkan kekecewaannya terhadap sejumlah keputusan wasit, khususnya wasit VAR Sivakorn Pu-udom yang berasal dari Thailand.
 
"Semua dihancurkan wasit VAR Thailand kampret yang memang tak mau Indonesia melebihi negaranya," kata Darius dalam akun X @Dsinathrya.
 
Darius menyoroti sejumlah keputusan kontroversial wasit. Salah satunya saat menganulir gol Muhammad Ferarri lantaran Ramadhan Sananta dinilai telah offside.
 
Dalam tayangan ulang VAR, posisi kamera tampak tidak linier dan juga pengambilan gambar yang kurang akurat, karena diambil saat bola telah ditendang oleh Pratama Arhan.
 
"Bagaimana mau analisa VAR yang benar kalau sudut kamera saja diagonal, ada dua, satu offside, satu tidak, dan posisi offside saat bola sudah lepas dari kaki Arhan," ujar dia.
 
Keputusan itu, lanjut dia, dinilai telah merugikan Indonesia yang sudah mencuri gol di tengah berjuang menahan gempuran Uzbekistan yang terus-menerus.
 
Selain itu, keputusan memberikan kartu merah kepada Rizky Ridho juga dianggap sesuatu yang keliru oleh Darius dan banyak orang yang menyaksikan pertandingan itu.
 
Meski begitu, pria tinggi itu tetap memotivasi skuad asuhan Shin Tae-yong, agar terus semangat karena peluang Indonesia untuk lolos Olimpiade masih terbuka melalui perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 saat melawan Irak nanti.
 
Selain Darius, Baim Wong, juga mengungkapkan kekesalan di akun Instagram (IG) miliknya.
 
Melalui akun media sosial itu, dia bahkan mengunggah kompilasi video keputusan wasit yang sangat kontroversi, mulai dari menganulir potensi penalti saat Witan Sulaeman dilanggar di kotak 12 pass, menganulir gol Ferarri, serta memberi kartu merah kepada Rizky Ridho.
 
Dia juga mengkritik Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) yang disebut harus bertanggung jawab atas pemilihan wasit yang terindikasi bersikap tidak netral.
 
"Kelakuan si ***. Dibuatin videonya biar tahu dia bodoh. #WasitMasihCurang, #AFCCheatingAgain," tulis Baim dalam video yang diunggah di akun IG miliknya.
 
Pesohor lain, Raffi Ahmad pun mengutarakan hal yang sama.
 
"#AFCCurangLagi, #AFCCheatingAgain," tulis Raffi dalam akun Instagram @Raffinagita1717
 
Penyanyi Wika Salim turut mengunggah foto wasit Shen Yinhao di akun IG miliknya dengan tulisan yamg menyindir kepemimpinan wasit tersebut.
 
"Mimpi buruk malam ini, @yinhao.shen
 
@afcasiancup," tulis Wika.
 
Penyanyi lain, Aurelie Moeremans, sedikit berbeda saat mengkritik wasit itu.
 
Dia membuat jajak pendapat dari para pengikutnya di IG tentang kepemimpinan wasit tersebut.
 
"Satu kata untuk wasitnya?" tanya Aurelie dalam unggahannya.
 
Terkait keputusan wasit dalam pertandingan semifinal Piala Asia U-23 2024, dunia maya dipenuhi dengan kritik dan hujatan atas kepemimpinan wasit yang dinilai sangat kontroversial dan terindikasi tidak netral.
 
Selain pesohor, warganet lain ikut melontarkan kritik dan ucapan sarkas kepada wasit dan AFC.

Baca juga: Timnas U-20 Indonesia kalah 6-0 dari Prancis
Baca juga: Indonesia gagal ke Piala Asia U-17

Baca juga: Timnas Indonesia ke semifinal usai tumbangkan Korsel lewat adu penalti
Baca juga: Marselino puji Ernando Ari saat melawan Australia






 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Para pesohor mengecam keputusan wasit saat Indonesia lawan Uzbekistan