Panitia pastikan kesiapan acara pentahbisan Uskup Agung Kupang 9 Mei 2024

id uskup agung kupang, keuskupan agung kupang, uskup terpilih, tahbisan uskup, katolik, kupang, ntt

Panitia pastikan kesiapan acara pentahbisan Uskup Agung Kupang 9 Mei 2024

Konferensi Pers Pentahbisan Uskup Agung Kupang Terpilih Mgr Hironimus Pakaenoni di Kota Kupang, NTT, Senin (6/5/2024). ANTARA/Fransiska Mariana Nuka

...Seluruh proses persiapan pentahbisan uskup di Keuskupan Agung Kupang kami siapkan dengan sangat baik sampai kondisi hari ini, kata Ketua Panitia Tahbisan Uskup Agung Kupang, Sisilia Sona, kepada wartawan di Kupang, Senin, (6/5/2024)
Kupang (ANTARA) - Panitia memastikan kesiapan acara pentahbisan Uskup Agung Kupang terpilih, Mgr Hironimus Pakaenoni, pada 9 Mei 2024 di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Seluruh proses persiapan pentahbisan uskup di Keuskupan Agung Kupang kami siapkan dengan sangat baik sampai kondisi hari ini," kata Ketua Panitia Tahbisan Uskup Agung Kupang, Sisilia Sona, kepada wartawan di Kupang, Senin, (6/5/2024).

Mgr Hironimus Pakaenoni merupakan Uskup Agung Kupang terpilih yang direncanakan ditahbis pada 9 Mei 2024 di Paroki Kristus Raja Katedral Kupang, Kota Kupang.

Sisilia mengatakan sejumlah persiapan pun telah dilakukan dengan baik untuk memastikan kelancaran acara tersebut.

Dari sisi keamanan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polda NTT untuk mempersiapkan para personel yang akan berjaga-jaga sejak kedatangan para tamu hingga kepulangan, terutama di gereja yang menjadi lokasi pentahbisan.

Selanjutnya koordinasi dengan Pemerintah Provinsi NTT juga disambut baik oleh Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G. L. Kalake yang menyiapkan jamuan makan malam bersama uskup pada 8 Mei 2024.

Berikutnya koordinasi dengan Pemerintah Kota Kupang yang juga mendapatkan respons positif berupa dukungan meja, kursi, hingga mobil kebersihan.

Sisilia memastikan para tamu undangan dan umat Katolik yang hadir pada acara pentahbisan uskup itu akan terlayani dengan baik.

Setiap tamu undangan yang datang ke Kota Kupang menggunakan moda transportasi udara pun akan melewati jalur VIP ketika tiba di ruang kedatangan bandara.

"Kami siapkan selendang sebagai tanda selamat datang dan selimut sebagai bentuk ucapan terima kasih," ucapnya.

Selanjutnya Sisilia mengatakan kapasitas dalam gereja hanya mampu menampung 1.500 orang, lalu 1.000 orang di luar gereja, dan 1.000 orang di luar pagar gereja.

Tempat di dalam gereja hanya diperuntukkan bagi para tamu undangan yang memiliki id card, sedangkan tempat di luar pagar gereja disiapkan pula bagi umat yang tidak kebagian mendapatkan id card.

Karena kapasitas gereja yang tidak bisa menampung banyak umat, Sisilia mengatakan ada layanan siaran langsung (live streaming) yang disediakan sehingga umat tetap dapat mengikuti perayaan pentahbisan itu dengan khidmat.

Meski demikian, ia memastikan semua umat yang hadir di gereja pun tetap terlayani dengan baik.

Pihaknya juga memastikan kesiapan tenaga kesehatan untuk berjaga-jaga dan siap menangani umat yang mengalami kendala kesehatan selama perayaan berlangsung.

Sekretaris Panitia Romo Erik Fkun menambahkan jumlah uskup yang terkonfirmasi hadir dalam acara pentahbisan nanti berjumlah 39 uskup, lalu Vikjen Keuskupan Jayapura dan Keuskupan Agung Dili, serta Administrator Diosesan Keuskupan Surabaya dan Keuskupan Agung Ende.

Para panitia juga telah menyiapkan penginapan bagi para uskup yang hadir dan tamu undangan.

"Kita sudah atur semua ada pastor pendampingnya," ucapnya.

Adapun rangkaian acara pentahbisan ini dimulai dari Vesper Agung pada 8 Mei 2024 di Paroki Santo Yoseph Naikoten pukul 17.00 WITA.

Baca juga: Paus Fransiskus tetapkan Hironimus Pakaenoni menjadi Uskup Agung Kupang

Selanjutnya acara pentahbisan uskup esok harinya mulai pukul 09.00 WITA di Paroki Kristus Raja Katedral Kupang.

Baca juga: Umat menyambut gembira Uskup Agung Kupang baru

Selanjutnya ada Misa Pontifikal pada tanggal 10 Mei 2024 di Paroki Kristus Raja Katedral Kupang pukul 09.00 WITA.