KPU sebut dua bakal paslon Pilgub NTT periksa kesehatan

id Pilkada 2024, pilkada, kpu, ntt, calon kepala daerah, pemeriksaan kesehatan, calon gubernur, wakil gubernur

KPU sebut dua bakal paslon Pilgub NTT periksa kesehatan

KPU Provinsi Nusa Tenggara Timur memberikan kesempatan bakal pasangan calon Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT 2024 Melki Laka Lena-Johni Asadoma untuk menyampaikan keterangan pers sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUP Ben Mboi, Kota Kupang, NTT, Rabu (28/8/2024). ANTARA/Fransiska Mariana Nuka

...Pagi ini kami fasilitasi pemeriksaan dua bakal pasangan calon, kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan SDM, KPU Provinsi NTTĀ Baharudin Hamzah di RSUP Ben Mboi, Kota Kupang, Rabu, (28/8)
Kupang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyebut dua bakal pasangan calon pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) NTT 2024 menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Ben Mboi Kupang setelah berkas pendaftaran dinyatakan lengkap.

"Pagi ini kami fasilitasi pemeriksaan dua bakal pasangan calon," kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan SDM, KPU Provinsi NTT Baharudin Hamzah di RSUP Ben Mboi, Kota Kupang, Rabu, (28/8).

KPU telah menjadwalkan pemeriksaan kesehatan bagi calon kepala daerah mulai 28 Agustus hingga 2 September 2024.

Hari pertama pemeriksaan kesehatan bagi bakal paslon yang telah melakukan pendaftaran pasangan calon pada hari pertama pendaftaran di Kantor KPU Provinsi NTT, Selasa (27/8).

Dua bakal paslon yang melakukan pemeriksaan kesehatan hari ini adalah pasangan Melki Laka Lena-Johni Asadoma dan pasangan Simon Petrus Kamlasi-Adrianus Garu.

Baharudin mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan menjadi salah satu rangkaian dari seluruh proses syarat calon.

KPU Provinsi NTT, kata dia, telah melakukan perjanjian kerja sama dengan RSUP Ben Mboi Kupang untuk pelaksanaan pemeriksaan kesehatan karena rumah sakit tersebut memenuhi aspek sarana dan prasarana sesuai dengan standar KPU.

Dijelaskan pula bahwa hasil pemeriksaan kesehatan nanti diterima paling lambat sebelum pleno penetapan calon pada tanggal 22 September 2024.

"Kami berharap pemeriksaan lancar sehingga kami terima hasil pemeriksaan kesehatan," ucap Baharudin.

Pasangan Melki Laka Lena-Johni Asadoma merupakan bakal paslon pertama yang menjalani pemeriksaan kesehatan.

Dikatakan oleh Melki bahwa pihaknya akan menjalani 12 jenis pemeriksaan kesehatan pada hari ini.

Melki menyampaikan terima kasih kepada pihak KPU Provinsi NTT yang telah memfasilitasi pemeriksaan kesehatan di rumah sakit tersebut.

"Kami harus sehat karena NTT butuh pemimpin yang sehat, kuat, sigap, cekatan, dan pemeriksaan ini memastikan pemimpin NTT ke depan bisa bekerja untuk NTT dalam kondisi prima," ucap Melki.

Sementara itu, bakal paslon yang mengikuti pemeriksaan kesehatan pada hari ini adalah Simon Petrus Kamlasi-Adrianus Garu juga menyampaikan hal senada.

Simon memberikan apresiasi atas fasilitas rumah sakit pemerintah yang lengkap dan bagus.

Menurut dia, pelayanan di rumah sakit pemerintah itu juga sangat baik kepada pasien.

Baca juga: RSUP Kupang siapkan 23 dokter untuk periksa kesehatan calon kepala daerah

"Kami siap diperiksa dan kami yakin hasilnya membuat kami siap untuk bertarung mengikuti pilkada tahun ini," ujar Simon.

Baca juga: PDIP usung Risma di Pilkada Jatim 2024 ?

Kedua bakal pasangan calon tersebut menjalani pemeriksaan mulai pukul 08.00 Wita.