BMKG: Manggarai dinaungi cuaca cerah berawan hingga berawan

id BMKG, cuaca, cerah berawan, Stasiun Klimatologi Frans Sales Lega Manggarai, kekeringan

BMKG: Manggarai dinaungi cuaca cerah berawan hingga berawan

Kepala Stasiun Meteorologi Frans Sales Lega Manggarai Decky Irmawan. (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi)

...Ada potensi hujan ringan pada sore hari, kata Kepala Stasiun Meteorologi Frans Sales Lega Manggarai Decky Irmawan dihubungi dari Labuan Bajo, Kamis, (29/8)
Labuan Bajo (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) berpotensi cerah berawan hingga berawan selama sepekan.

"Ada potensi hujan ringan pada sore hari," kata Kepala Stasiun Meteorologi Frans Sales Lega Manggarai Decky Irmawan dihubungi dari Labuan Bajo, Kamis, (29/8).
 
Ia mengatakan wilayah Manggarai saat ini sedang mengalami puncak musim kemarau. Suhu muka laut berkisar 26-30 derajat Celcius yang memungkinkan terjadinya penguapan yang cukup tinggi.
 
"Waspada potensi peningkatan kecepatan angin yang dapat melebihi 40 km/jam," katanya.
 
Ia meminta warga untuk meningkatkan kewaspadaan dan mewaspadai potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan tingkat kemudahan sangat mudah terbakar di sebagian besar wilayah Kabupaten Manggarai.
 
BMKG juga mengimbau kepada masyarakat agar mengantisipasi dampak yang dapat ditimbulkan oleh kondisi cuaca sebagaimana dinyatakan dalam informasi peringatan dini.

Baca juga: BMKG perkirakan hujan di beberapa kota besar
 
"Memanfaatkan informasi cuaca untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian dalam pencegahan atau pengurangan risiko bencana kekeringan," katanya.

Baca juga: BMKG: cuaca cerah hingga berawan tebal di Mabar selama sepekan
 
Ia menjelaskan masyarakat dapat mengakses informasi terkait cuaca terkini melalui aplikasi infobmkg, signature bmkg.go.id dan media sosial facebook atau instagram bmkgmanggarai.