NTT ekspor 75 ton rumput laut ke China

id Rumput Laut

NTT ekspor 75 ton rumput laut ke China

Dua petani rumput Laut sedang memanen rumput laut di pinggiran pantai Nemberala, Kabupaten Rote Ndao, NTT, Minggu (29/4). (ANTARA Foto/Kornelis Kaha)

Nusa Tenggara Timur mengekspor sebanyak 75 ton rumput laut dalam bentuk alkali treated cottoni chips (ATCC) ke negeri Tirai Bambu China selama Januari 2019.
Kupang (ANTARA News NTT) - Nusa Tenggara Timur mengekspor sebanyak 75 ton rumput laut dalam bentuk alkali treated cottoni chips (ATCC) ke negeri Tirai Bambu China selama Januari 2019.

Kepala Stasiun Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (KIPM) Kupang Jimmy Elwaren kepada Antara di Kupang, Selasa (19/2) mengatakan, rumput laut sebanyak itu bernilai  sekitar 96.859 dolar AS.

Ia menjelaskan, produk rumpur laut yang diekspor tersebut dipasok dari Pulau Sumba yang dikelola oleh PT Algae Sumba Timur Lestari. "Jumlah yang diekspor ini juga cukup banyak dan sebagian lagi untuk kebutuhan domestik," katanya.

Rumput laut merupakan salah satu produk kelautan yang cukup potensial dari provinsi setempat karena terdapat hampir di setiap daerah pesisir di wilayah provinsi berbasiskan kepulauan itu.

Hasil budidaya, lanjutnya, sudah mulai diekspor sejak tahun 2018 lalu namun masih dalam jumlah yang relatif kecil.

"Seperti ekspor ke Filipina, Rusia, Argentina namun masih permintaan masih jumlah beberapa kilogram yang biasanya untuk uji coba awal," katanya.

Ia menambahkan, rumput laut yang diekpor tersebut tercatat mendominasi ekspor komoditi kelautan dan perikanan lainnya dari provinsi setempat.

Selain rumput laut, komoditi lain yang diekspor seperti ikan kering sebanyak 27,8 ton, ikan angoli 1,8 ton, fozen tuna 0,3 ton, skip jack 0,5 ton.