Pelindo Bangun Terminal Kapal Pesiar

id Terminal

Pelindo Bangun Terminal Kapal Pesiar

Terminal kapal pesiar di Benoa, Bali

"Sudah ada program dari direksi tahun ini harus membangun terminal cruise, minimal lapangan dulu, kemudian terminal penumpangnya," kata Boy Rubyanto.
Kupang (Antara NTT) - PT Pelindo akan membangun terminal kapal pesiar (cruise) di kawasan Pelabuhan Tenau Kota Kupang agar semakin banyak wisatawan mengunjungi destinasi wisata Nusa Tenggara Timur.

"Sudah ada program dari direksi kita bahwa kita tahun ini harus membangun terminal `cruise`, minimal lapangan dulu, kemudian terminal penumpangnya," kata General Manager PT Pelindo III Cabang Kupang Boy Rubyanto di Kupang, Jumat.

Dia mengatakan, terminal `cuise` yang mulai dibangun tahun 2017 tersebut berdekatan dengan Pelabuhan Tenau yang selama ini digunakan sebagai lalu lintas kapal penumpang maupun bongka muat.

"Untuk "cruise" kita akan buat di sebelah kanannya lokasi navigasi di Pelabuhan Tenau," katanya.

Boy mengakui, sebelumnya sudah ada rencana Pelindo untuk membangun terminal `cruise` di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, yang merupakan salah satu destinasi unggulan di provinsi kepulauan itu.

Namun, rencana tersebut masih terkendala pembebasan lahan oleh masyarakat setempat sehingga pihaknya berupaya mencari solusi alternatif lokasi lainnya.

"Kondisi kita masih seperti itu, orang mau bebaskan tanah untuk dibeli saja masih susah. Akhirnya kita cari solusi lain dan lokasinya di Kupang," katanya.

Dia mengatakan, Pelindo dalam tahun ini sudah berkomitmen membangun pelabuhan `cruise` tersebut sesuai kebijakan dari pemerintah pusat untuk mendukung pengembangan pariwisata di provinsi selaksa pulau itu.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT Marius Ardu Jelamu juga menjelaskan sudah ada kebijakan dari pemerintah untuk merancang kembali Pelabuhan Tenau sebagai pelabuhan `cruise`.

"Kita juga sudah koordinasi juga dengan bapak gubernur dan sudah ada kebijakan dari Pelindo untuk membuat pelabuhan kapal pesiar di Tenau." katanya saat dihubungi Antara di Kupang.

Menurutnya, upaya tersebut sebagai langka jangkah pendek dan menengah guna menunjang kebutuhan kunjungan wisatawan ke daerah setempat mengingat pembangunan pelabuhan marina masih membutuhkan waktu yang lama.

"Memang sebelumnya direncanakan pembangunan Marina di Labuhan Bajo, tetapi masih ada persoalan lahan yang berbelit-belit sehingga alternatifnya di Kupang dengan mengembangkan Pelabuhan Tenau," demikian Marius Ardu Jelamu.