10 kelurahan jadi kantong stunting di Kota Kupang

id stunting

10 kelurahan jadi kantong stunting di Kota Kupang

Kepala Subdirektorat Informasi dan Komunikasi Kesehatan, Direktorat Infokom PMK, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Marroli J Indarto. (ANTARA FOTO/Benny Jahang)

Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar sosialisasi penanganan stunting untuk masyarakat di 10 kelurahan di Kota Kupang yang menjadi kantong penderita stunting di wilayah ibu kota NTT, Kamis (2/5).
Kupang (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar sosialisasi penanganan stunting untuk masyarakat di 10 kelurahan di Kota Kupang yang menjadi kantong penderita stunting di wilayah ibu kota Nusa Tenggara Timur, Kamis (2/5).

Kepala Subdirektorat Informasi dan Komunikasi Kesehatan, Direktorat Kominfo PMK, Kemenkominfo Marroli J Indarto kepada wartawan di Kupang mengatakan, sosialisasi tersebut sebagai salah satu upaya pemerintah pusat dalam menurunkan prevalensi stunting di Kota Kupang.

"Kami sedang gencar melakukan kegiatan sosialisasi ke berbagai daerah yang menjadi kantong stunting untuk menurunkan prevalensi stunting yang saat ini telah menjadi perhatian nasional," kata Marroli.

Dia mengatakan, Kemenkominfo menargetkan untuk melakukan sosialisasi di 541 daerah yang menjadi kantong penderita stunting di Indonesia, namun sudah 160 daerah sudah berhasil dijangkau.

"Hingga saat ini kami baru menjangkau 160 kabupaten/kota dari 541 daerah di Indonesia yang ditargetkan menjadi sasaran sosialisasi penanganan stunting," katanya.

Menurut dia, sosialisasi ini sangat penting karena berkaitan dengan kualitas sumber daya manusias (SDM) Indonesia ke depan.

Baca juga: Stunting menyerang 2.000 anak di Kota Kupang

Ia mengatakan, masalah utama stunting terkait dengan perilaku hidup yang kurang sehat sehingga berdampak pada terjadinya stunting.

"Mengatasi stunting harus muncul dari dalam diri setiap orang untuk secara serius memperhatikan pola hidup bersih dan sehat, masyarakat harus mampu mengubah pola hidup dengan mengutamakan kebiasaan hidup sehat," tegas Marroli.

Kegiatan sosialisasi dalam rangan penurunan prevalensi stunting dilakukan di Kota Kupang diikuti para utusan dari 10 kelurahan yang memiliki penderita stunting seperti Kelurahan Sikumana, Namosain, Solor, Oesapa, Oesapa Selatan, Air Nona, Todekisar. .

Kota Kupang menjadi salah satu dari 60 kabupaten/kota yang menjadi prioritas sosialiasi penanganan stunting dilakukan Keminfo) pada tahun 2019.

Sosialisasi penanganan stunting di Kota Kupang dibuka secara resmi Penjabat Sekda Kota Kupang, Yos Rera Beka dihadiri pula Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kupang, Thruice Balina Oey, para lurah, tokoh masyarakat dari 10 kelurahan serta tenaga kesehatan. 

Baca juga: Wagub optimistis kelor bebaskan NTT dari stunting
Baca juga: Lipsus - Gizi buruk dan Stunting yang terus melanda