Timor Leste lirik usaha peternakan udang di Kota Kupang

id perikanan

Timor Leste lirik usaha peternakan udang di Kota Kupang

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kupang Orson Nawa. (ANTARA FOTO/ Benny Jahang)

Investor asal Timor Leste mulai melirik usaha peternakan udang dan pabrik es di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk menanamkan investasinya.
Kupang (ANTARA) - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kupang Orson Nawa mengatakan investor asal Timor Leste mulai melirik usaha peternakan udang dan pabrik es di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk menanamkan investasinya.

"Investor asal Timor Leste itu sudah melakukan peninjauan ke beberapa lokasi yang akan menjadi pusat investasi pengembangan usaha peternakan udang serta pembangunan pabrik es untuk kepentingan pembekuan udang," kata Orson Nawa di Kupang, Senin (13/5).

Ia mengatakan investor asal Timor Leste itu tampaknya hanya fokus pada usaha pengembangan peternakan udang karena kebutuhan udang di negara yang baru merdeka pada 2002 setelah 35 tahun menjadi bagian dari NKRI itu sangat tinggi.

"Mereka lebih fokus pada usaha peternakan udang karena kualitasnya sangat bagus guna memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah bekas koloni Portugis dan bekas provinsi ke-27 Indonesia itu," katanya.

"Investasi ini pasti akan direalisasikan karena sudah dibahas di Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Kementerian Luar Negeri di Jakarta. Kita tunggu sinyal selanjutnya dari mereka," katanya.

Menurut Orson, kehadiran investor asal Timor Leste itu bisa mendorong usaha peningkatan produksi perikanan laut oleh para nelayan lokal di Kota Kupang, karena bisa langsung dimanfaatkan oleh investor tersebut.

Baca juga: Pertumbuhan investasi di NTT belum merata
Baca juga: Investor hendaknya memperhatikan kesejahteraan rakyat