Pintu PDIP NTT mulai dibuka untuk balon kepala daerah

id PDIP

Pintu PDIP NTT mulai dibuka untuk balon kepala daerah

Sekretaris DPD PDIP NTT Yunus Takandewa. (ANTARA FOTO/Bernadus Tokan)

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) secara resmi telah membuka pintu pendaftaran bakal calon (balon) kepala daerah dan wakil kepala daerah, untuk menghadapi Pilkada serentak 2020 di NTT.
Kupang (ANTARA) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) secara resmi telah membuka pintu pendaftaran bakal calon (balon) kepala daerah dan wakil kepala daerah, untuk menghadapi Pilkada serentak 2020 di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Pendaftaran bakal calon untuk Pilkada di sembilan kabupaten itu telah dibuka dari 16-21 September 2019," kata Sekretaris DPD PDI Perjuangan NTT, Yunus Takandewa kepada wartawan di Kupang, Selasa (17/9), terkait persiapan partai itu menghadapi Pilkada serentak 2020.

Dia mengatakan, pendaftaran bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah bisa dilakukan di Sekretariat DPC PDIP di masing-masing daerah, DPD PDIP NTT di Kupang ataupun DPP PDIP di Jakarta.

"Kami sudah membuka pendaftaran bakal calon. Setiap calon bisa melamar ke DPC atau di daerah yang akan melaksanakan Pilkada, bisa juga di DPD dan DPP," katanya.

Baca juga: Kemenangan PDIP di NTT cerminkan perjuangan ideologi partai
Baca juga: Benarkan kepemimpinan PDIP di NTT cerminkan keberagaman, ini penjelasannya..


Dia berharap, pembukaan pendaftaran bagi calon pemimpin ini menjadi momentum bagi rakyat untuk berproses secara demokrasi, karena PDI Perjuangan adalah partai yang sangat terbuka dan dinamis mengikuti perkembangan zaman.

"Tujuan utama pendaftaran secara terbuka ini untuk menunjukkan kepada publik bahwa PDIP menginginkan calon-calon pemimpin daerah yang memiliki integritas dan kapasitas," kata pimpinan DPRD NTT sementara itu.

Mengenai kriteria, dia mengatakan, calon yang diusung PDI Perjuangan harus memahami ideologi perjuangan partai, terutama keberpihakan pada rakyat kecil.

"Artinya, tidak harus kader partai, tetapi semua kader terbaik daerah yang memiliki visi dan misi sama dengan partai, dalam memperjuangkan kepentingan rakyat," kata mantan Wakil Ketua DPRD NTT dari PDI Perjuangan itu.

Pada tahun 2020, di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), akan dilaksanakan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah serentak pada sembilan kabupaten, yakni Kabupaten Belu, Malaka, TTU, Sabu Raijua, Manggarai Barat, Manggarai, Ngada, Sumba Barat dan Kabupaten Sumba Timur. 

Baca juga: PDIP gaungkan gerakan simultan untuk Pilkada NTT
Baca juga: PDIP NTT Gelar Rakerda Bahas Pilkada