Dibuka layanan pembuatan e-KTP langsung cetak

id ktp-e

Dibuka layanan pembuatan e-KTP langsung cetak

Wali Kota Kupang Jefrison Riwu Kore (tengah) didampingi Kadis Disdukcapil Kota Kupang, Agus Ririmase (kedua dari kanan) menyerahkan e-KTP yang telah dicetak kepada warga, Senin (27/1/2020) (ANTARA/Benny Jahang)

"Pelayanan e-KTP yang kami lakukan langsung cetak, sehingga warga tidak perlu lagi menunggu berbulan-bulan hanya untuk mendapatkan sebuah e-KTP," kata Agus Ririmase..
Kupang (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kupang mulai membuka layanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) langsung cetak dalam satu hari di wilayah ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Pelayanan e-KTP yang kami lakukan langsung cetak, sehingga warga tidak perlu lagi menunggu berbulan-bulan hanya untuk mendapatkan sebuah e-KTP," kata Kepala Dinas Dukcapil Kota Kupang Agus Ririmase kepada wartawan di Kupang, Senin (27/1).

Menurut dia, proses pengurusan administrasi kependudukan di daerah ini sebelumnya menjadi persoalan serius karena masyarakat harus menunggu waktu lama hanya untuk mendapatkan e-KTP.

"Kondisi seperti tidak lagi terjadi dalam kepemimpinan Wali Kota Kupang Jefrison Riwu Kore yang menginginkan semua pelayanan administrasi kependudukan harus langsung jadi dalam sehari agar masyarakat tidak boleh menunggu lama hanya untuk mendapatkan sebuah e-KTP," katanya,

Baca juga: Pemerintah percepat perekaman e-KTP
Baca juga: 17.109 surat keterangan sebagai pengganti e-KTP


Menurut mantan Camat Kelapa Lima, Kota Kupang itu setiap hari melayani 500 warga di ibu kota Provinsi NTT ini untuk mendapatkan layanan pencetakan e-KTP yang langsung cetak.

"Kami akan melayani semua masyarakat yang datang hingga tuntas. Masyarakat bisa langsung membawa pulang e-KTP langsung cetak setelah melakukan perekaman," tegas Agus Ririmase.

Ia menambahkan, Pemerintah Pusat telah mendistribusikan 4.000 keping blangko e-KTP bagi warga Kota Kupang yang melakukan perekaman guna mendapatkan e-KTP langsung cetak.

Ia mengatakan, pelayanan perekaman e-KTP langsung jadi dilakukan setiap hari oleh pemerintah Kota Kupang guna memberikan kemudahan bagi warga dalam mengurus berbagai dokumen kependudukan.

Sementara itu Wali Kota Kupang, Jefrison Riwu Kore mengapresiasi terhadap terobosan dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang yang melakukan perekaman e-KTP langsung cetak kepada masyarakat di ibu kota provinsi berbasis kepulauan ini.
Ratusan warga memadati lokasi pencetakan e-KTP langsung cetak di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil , Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Senin (27/1/2020) (ANTARA FOTO/Benny Jahang)

"Melihat animo masyarakat yang membutuhkan e-KTP begitu besar maka pelayanan akan dilakukan sampai malam hari," kata Jefrison Riwu Kore.

Wali Kota Kupang kemudian secara simbolis menyerahkan e-KTP yang telah dicetak kepada dua warga Kota Kupang yang datang melakukan perekaman e-KTP langsung cetak pada saat itu.