Tiga warga Rote Ndao diselamatkan SAR Kupang di Pukuafu

id Basarnas Kupang,Perairan Pukuafu,Warga Rote Ndao

Tiga warga Rote Ndao diselamatkan SAR Kupang di Pukuafu

Tim SAR Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang, Nusa Tenggara Timur melakukan evakuasi terhadap tiga penumpang kapal motor tanpa nama yang mengalami kerusakan mesin di perairan Pukuafu, Rabu (15/4/2020) malam. (Antara/HO - Basarnas Kupang)

Ketiga orang yang ditemukan dalam kondisi selamat pada Rabu (15/4/2020) malam Pukul 20.00 WITA
Kupang (ANTARA) - Tim SAR dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang, Nusa Tenggara Timur, berhasil menyelamatkan tiga warga Papela, Kabupaten Rote Ndao, yang perahu motornya mati mesin di Perairan Pukuafu.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang Emi Frizer dalam penjelasan tertulisnya yang diperoleh ANTARA di Kupang, Kamis (16/4). mengatakan perahu motor yang ditumpangi ketiga warga Papela, Rote Ndao, itu mengalami mati mesin ketika sedang dalam pelayaran menuju Papela, Kabupaten Rote Ndao.

Ia mengatakan, ketiga orang yang ditemukan dalam kondisi selamat pada Rabu (15/4/2020) malam Pukul 20.00 WITA, masing-masing H Jawabu (50), Yasmin (23) dan Ina (51).

Perahu motor tanpa nama yang ditumpangi ketiga warga Rote Ndao itu berangkat dari Kupang menuju Papela, Kabupaten Rote Ndao, pada Pukul 16.00 WITA.

Namun ketika tiba di Selat Pukuafu yang memiliki arus laut yang kuat, perahu tanpa nama itu mengalami kerusakan mesin sehingga tidak bisa melanjutkan perjalanan menuju Papela.

"Saat ditemukan ketiganya masih berada di atas perahu yang mengalami kerusakan mesin di Selat Pukuafu," ujar Emi Frezer.

Tim SAR yang dipimpin Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang Supriyanto Ridwan langsung bergerak ke lokasi kejadian untuk memberikan bantuan penyelamatan terhadap ketiga warga Rote itu.

Ia mengatakan, perahu motor yang mengalami kerusakan itu langsung ditarik menuju Papela, Kabupaten Rote Ndao.

"Tim SAR tiba di Papela pada Kamis (16/4/2020) pukul 04.36 wita. Tiga orang penumpang yang telah diselamatkan tim SAR juga dievakuasi ke Papela," katanya.

Baca juga: Basarnas apresiasi kinerja Kantor SAR Kupang
Baca juga: Basarnas Kupang gelar pelatihan pertolongan dari ketinggian