Tangani COVID-19, NTT segera tambah alat PCR

id Dinas Kesehatan NTT,Gugus Tugas COVID-19 NTT,Alat PCR,RSUD Johannes Kupang,COVID-19,NTT tambah alat PCR,alat PCR untuk p

Tangani COVID-19, NTT segera tambah alat PCR

Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Dominikus Mere (ANTARA/Aloysius Lewokeda)

Satu lagi peralatan PCR dari BPOM Surabaya segera tiba di Kupang melalui penerbangan Garuda sehingga bisa melengkapi lagi sarana yang ada saat ini

Kupang (ANTARA) - Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Nusa Tenggara Timur, Dominikus Mere, mengatakan, daerahnya itu segera menambah alat Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk menunjang penanganan wabah virus corona jenis baru (COVID-19) di daerah setempat.

“Satu lagi peralatan PCR dari BPOM Surabaya segera tiba di Kupang melalui penerbangan Garuda sehingga bisa melengkapi lagi sarana yang ada di kita saat ini,” katanya di Kupang, Kamis, (30/4).

Ia menjelaskan, saat ini sudah ada fasilitas PCR di rumah sakit milik pemerintah provinsi yaitu RSUD Prof.Dr. W.Z. Johannes Kupang dan para tenaga teknisi dari Jakarta sudah tiba pada Selasa (28/4) untuk melakukan uji coba fasilitas tersebut.

Baca juga: Pengiriman sampel swab dari Sikka terkendala penerbangan
Baca juga: Jokowi dan Trump bahas kerja sama atasi kekurangan Alkes-APD


Pemerintah provinsi, lanjut dia, saat ini tinggal menunggu beberapa reagen untuk mulai melakukan pemeriksaan sampel “swab” dalam mendiagnosa COVID-19.

“Mudah-mudahan di awal Mei tidak ada kendala sehingga kit bisa mulai lakukan pemeriksaan “swab”,” kata Dominikus Mere yang juga Kepala Dinas Kesehatan NTT.

Ia mengatakan, penambahan satu lagi fasilitas PCR dari Surabaya ini akan melengkapi yang ada sarana pemeriksaan COVID-19 yang ada di RSUD Prof.Dr. W.Z. Johannes Kupang.

Dengan demikian, lanjut dia, selanjutnya sampel swab dari masing-masing kabupaten/kota se-NTT dapat dikirim untuk diperiksa di Kupang.

Baca juga: Kesembuhan pasien COVID-19 kasus 01 di NTT harus jadi spirit

“Sehingga kita bisa memberikan feed back hasil uji swab secara cepat kepada daerah-daerah,” katanya. 

Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar