Legislator: Pesan Presiden sesuai perkembangan penanganan COVID-19

id laka lena, corona,ntt

Legislator: Pesan Presiden sesuai perkembangan penanganan COVID-19

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melki Laka Lena (Antara/Ho)

Pimpinan WHO dan para ahli virus di dunia dan Indonesia menyampaikan bahwa virus COVID-19 belum bisa dikendalikan, dan dalam waktu panjang hidup bersama umat manusia
Kupang (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melki Laka Lena mengatakan, pesan Presiden Joko Widodo untuk hidup berdamai dan berdampingan dengan COVID-19, sesuai dengan perkembangan penanganan virus corona jenis baru (COVID-19) ini, baik di level dunia dan Indonesia. 

"Pimpinan WHO dan para ahli virus di dunia dan Indonesia menyampaikan bahwa virus COVID-19 belum bisa dikendalikan, dan dalam waktu panjang hidup bersama umat manusia," kata Melki Laka Lena kepada ANTARA, Minggu, (25/5) terkait ajakan Presiden untuk berdamai dengan COVID-19.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat untuk hidup berdamai dengan virus corona jenis baru (COVID-19) sampai vaksin untuk penyakit ini ditemukan. 

Baca juga: Legislator: Rapid Test tetap dibutuhkan untuk deteksi lebih dini COVID-19

Menurut dia, dampak COVID-19 menyentuh yang utama aspek kesehatan, juga ke aspek lainnya. 

Presiden Jokowi selain mengutamakan penanganan COVID-19 dalam aspek kesehatan sekaligus harus menangani aspek sosial dan ekonomi yang sangat terdampak. 

"Kebijakan Jokowi harus menyentuh dan menangani tiga aspek ini juga bidang kehidupan lainnya," katanya.

Dia mengatakan, kehidupan masyarakat Indonesia harus tetap berjalan di berbagai aspek, dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan secara umum seperti mengenakan masker saat keluar rumah, jaga jarak, rajin cuci tangan, jaga dan tingkatkan imunitas, makan minum yang bergizi, tidur dan olahraga teratur, isolasi atau karantina mandiri jika kondisi badan kurang sehat apalagi gejala mirip COVID-19.
 
Pola hidup bersih dan sehat ke depan pasti menjadi perilaku dan kebiasaan baru masyarakat di berbagai sektor kehidupan sesuai kondisi masing masing, katanya menambahkan, 

"Jadi pesan presiden Jokowi untuk hidup berdamai dan berdampingan dengan COVID-19 sesuai dengan perkembangan penanganan COVID-19 di level dunia dan Indonesia," kata anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar darah pemilihan NTT 2 itu. 

Baca juga: DPR dorong pemangku kepentingan cari solusi kesinambungan JKN

Pewarta :
Editor: Kornelis Aloysius Ileama Kaha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar