BNN Tes Urine Pilot Pesawat dan Pramugari

id Urine

BNN Tes Urine Pilot Pesawat dan Pramugari

Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) sedang melakukan tes urine terhadap pilot dan pramugari di Bandara El Tari Kupang, Selasa (20/6).

"Tes urine ini untuk memastikan kru pesawat yang berdinas bebas narkoba," kata General Manager PT Angkasa Pura I Wahyudi.
Kupang (Antara NTT) - Badan Narkotika Nasional Provinsi Nusa Tenggara Timur melakukan tes urine terhadap pilot dan pramugari di Bandara El Tari Kupang guna memastikan tidak ada di antara mereka yang mengonsumsi narkoba atau obat terlarang lainnya.

"Tes urine ini untuk memastikan kru pesawat yang berdinas bebas narkoba," kata General Manager PT Angkasa Pura I Wahyudi di Kupang, Selasa (20/6).

Ia menjelaskan bahwa pemeriksaan urine pilot dan pramugari atau kru pesawat sangat penting karena menyangkut keselamatan penumpang pesawat yang akan mudik.

Sebenarnya, menurut Wahyudi, tes urine bagi kru pesawat sudah dilakukan masing-masing maskapai penerbangan. Namun, PT Angkasa Pura I tetap melakukannya guna memastikan tes yang dilakukan maskapai sudah benar.

Wahyudi mengatakan bahwa pihaknya menerima 100 test pack dari BNN untuk pemeriksaan kru pesawat, termasuk karyawan maskapai di bandara. Dari jumlah itu, sebanyak 80 test pack sudah terpakai.

"Mudah-mudahan langkah-langkah preventif ini mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya. Sampai dengan pukul 17.00 Wita waktu setempat, kata dia, tidak ada pilot atau pramugari yang teridentifikasi menggunakan narkoba atau sejenisnya.

Pada saat pengambilan urine oleh BNN mendapat penolakan keras dari salah seorang pilot. Diduga dia dari maskapai penerbangan Lion Air. Alasannya dia menolak karena sejumlah wartawan meliput pengambilan sampel urine tersebut.

"Tadi selama pemeriksaan ada kru pesawat yang komplain karena banyak wartawan. Akan tetapi, jika mereka menyadari tujuan pemeriksaan urine ini, tidak akan komplain," katanya.