Polda NTT gelar tes urine personel deteksi penggunaan narkoba

id TEs urine, Polda NTT,Kota Kupang

Polda NTT gelar tes urine personel deteksi penggunaan narkoba

Pelaksanaan tes urine personel Polda NTT di mapolda NTT. ANTARA/Ho-Humas Polda NTT

...Kita lakukan tes urine ini guna memastikan kesiapan anggota dalam melaksanakan tugas yang menanti cukup berat yakni Pilkada. Setiap anggota wajib bebas dari narkoba, kata Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol Ariasandy di Kupang, Senin, (4/3/2024)
Kupang (ANTARA) - Kepolisian Daerah(Polda)Nusa Tenggara Timur(NTT) menggelar pelaksanaan tes urine bagi personel Polri di lingkungan Polda NTT sebagai upaya mencegah dan deteksi dini penggunaan narkoba di kalangan personel. 

"Kita lakukan tes urine ini guna memastikan kesiapan anggota dalam melaksanakan tugas yang menanti cukup berat yakni Pilkada. Setiap anggota wajib bebas dari narkoba," kata Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol Ariasandy di Kupang, Senin, (4/3/2024).

Pelaksanaan tes urine itu dilakukan di lapangan Mapolda NTT, usai dilaksanakannya apel pagi bersama di markas Polda NTT.

Kabid Propam Polda NTT Kombes Pol. Dr. Dominicus Savio Yempormase, memerintahkan setiap satuan kerja untuk wajib mengirimkan 10 personelnya untuk melakukan tes urine .

"Tadi langsung dipantau oleh bapak Irwasda," ujar dia.

Dalam arahannya Irwasda Polda NTT Kombes Pol I Made Sunarta menekankan pentingnya evaluasi kesiapan anggota sebelum melaksanakan tugas berat, terutama menjelang Pilkada.

Dia menambahkan bahwa langkah proaktif ini menjadi bukti konkret komitmen Polda NTT dalam menjaga integritas dan profesionalisme personel. 

Kolaborasi antara Itwasda, Bidpropam, dan Biddokkes tambah mantan Kapolres Timor Tengah Selatan (TTS) itu menjadi strategi terpadu untuk memastikan keberhasilan kegiatan pemeriksaan urine ini.

Dia juga menambahkan bahwa pemeriksaan urine bukan hanya sekadar rutinitas, tetapi sebagai bagian dari upaya preventif dalam menjaga disiplin dan kualitas anggota kepolisian.

"Dengan pendekatan ini, diharapkan anggota Polda NTT senantiasa berada dalam kondisi optimal, bebas dari pengaruh narkoba yang dapat mengganggu pelaksanaan tugas.

Lebih lanjut. kata dia, melalui kegiatan itu, Polda NTT memberikan contoh nyata dalam penanganan masalah narkoba di internal institusi kepolisian.

Langkah preventif seperti ini diharapkan dapat menjadi motivasi positif bagi institusi lain dalam upaya menjaga profesionalisme dan integritas personel. 


Baca juga: Kapolri naikan pangkat luar biasa kepada anggota Brimob NTT

Baca juga: Polisi : Nakhoda pembawa bahan peledak terancam penjara seumur hidup

Baca juga: Kapolda NTT cek pelaksanaan Pemilu di sejumlah TPS

Baca juga: Sejumlah personel Polda NTT yang BKO diberangkatkan jelang Pemilu