Sikka siapkan peralatan untuk pemeriksaan COVID-19

id covid sikka,covid ntt,pemeriksaan covid

Sikka siapkan peralatan untuk pemeriksaan COVID-19

Arsip Foto.Petugas mengambil sampel darah warga dalam pemeriksaan cepat COVID-19 di Kota Kupang, NTT,Kamis (25/06/2020). ANTARA FOTO/Kornelis Kaha.

Saat ini kita sedang mempersiapkan segara peralatannya, agar kelak RSUD TC Hiller Maumere bisa lakukan uji usap sendiri
Kupang (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Sikka, sedang menyiapkan peralatan pemeriksaan COVID-19 di RSUD TC Hillers.

"Saat ini kita sedang mempersiapkan segara peralatannya, agar kelak RSUD TC Hiller Maumere bisa lakukan uji usap sendiri," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Sikka Petrus Herlemus saat dihubungi dari Kupang, Selasa, (30/6).

Baca juga: Pemb Sikka terapkan tracing kontak intensif cegah penyebaran COVID-19

Ia mengatakan, pekan depan peralatan untuk pemeriksaan COVID-19 diperkirakan sudah siap digunakan untuk meneliti sampel usap hidung dan tenggorokan pasien dari Sikka, Lembata, dan Flores daratan bagian timur. 

"Selama ini kami masih mengirimkan sampel swab (usap) ke Kupang, ini juga membutuhkan waktu yang lama... Jika alatnya sudah beroperasi maka Sikka tidak perlu lagi mengirim sampel swab untuk dilakukan pemeriksaan," katanya.

Pemerintah daerah, menurut dia, sudah menyiapkan 20 tenaga kesehatan yang sudah mengikuti pelatihan pemeriksaan COVID-19 untuk mengoperasi peralatan pemeriksaan.

Baca juga: Sikka perketat penjagaan perbatasan antarkabupaten

"Saat ini mereka sudah siap. Jadi pekan depan jika alatnya sudah siap maka mereka akan langsung bekerja," tutur dia.

Ia menambahkan, dengan alat tersebut hasil pemeriksaan guna mendeteksi penularan virus corona penyebab COVID-19 bisa diketahui dalam waktu sekitar satu jam.

Pemerintah Kabupaten Sumba Timur juga sedang mempersiapkan peralatan untuk pemeriksaan COVID-19.  

"Sampai hari ini kami masih menunggu alat PCR untuk uji swab khusus untuk wilayah Pulau Sumba," kata Bupati Sumba Timur, Gidion Mbilijora.

Baca juga: Pemkab Sikka siapkan RS Elisabeth Lela untuk tes swab

"Saya berharap Kementerian Kesehatan dapat mengalokasikan alat PCR itu untuk kami di Sumba Timur karena kami menunggu sampai sekarang," katanya.
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar