KKP bantu Rp3,48 miliar perkuat sektor kelautan NTT

id Menteri, NTT, Kota Kupang

KKP bantu Rp3,48 miliar perkuat sektor kelautan  NTT

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (kanan) menyerahkan bantuan kepada petani rumput laut saat saat melakukan kunjungan kerja ke Pantai Oesina Kabupaten Kupang, NTT Jumat (28/08/2020). .ANTARA FOTO/Kornelis Kaha.

Harapannya dengan bantuan ini, budidaya rumput laut di NTT bisa lebih berkembang. Produksinya bisa lebih banyak
Kupang (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyerahkan sejumlah bantuan untuk memperkuat sektor kelautan dan perikanan pada Jumat sore di Nusa Tenggara Timur (NTT) senilai Rp3,48 miliar.

Bantuan meliputi bibit rumput laut senilai Rp400 juta  diikuti bantuan sarana prasana budidaya sebesar Rp100 juta. Bantuan bibit ditujukan bagi pembudidaya di empat desa di Kecamatan Kupang Barat, yakni Desa Kuanheun, Oematnunu, Tablolong, dan Oenaek.

Baca juga: Menteri KKP lakukan kunjungan kerja perdana ke NTT

"Harapannya dengan bantuan ini, budidaya rumput laut di NTT bisa lebih berkembang. Produksinya bisa lebih banyak," kata Menteri Edhy di Pantai Oesina, Desa Lifuleo,Kabupaten Kupang, Jumat, (28/8).

Selain rumput laut, menteri juga menyerahkan beasiswa sebesar Rp2,88 miliar untuk 160 taruna dan taruni Politeknik Kelautan dan Perikanan Kupang. Bantuan beasiswa ini berlaku untuk satu tahun.

Edhy Prabowo juga mendorong generasi muda NTT untuk menimba ilmu di sekolah yang dinaungi Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM) KKP tersebut.

"Harusnya Politeknik KP ini diisi lebih banyak oleh anak-anak muda dari sini. Gratis, tanpa pungutan biaya. Kalau ini bisa dimanfaatkan, saya yakin persoalan kualitas sumberdaya manusia bisa terselesaikan," ujarnya.

Bantuan lainnya berupa sarana wisata sebesar Rp100 juta yang diserahkan kepada kelompok masyarakat sadar wisata di Kupang. Menteri Edhy ingin wisata bahari di Pantai Oesina bisa semakin maju.

Baca juga: Kementerian KP gelar pelatihan diversifikasi olahan ikan di NTT

Baca juga: KKP sertifikasi hak atas tanah Pulau Sabu


Dalam kunjungan di Pantai Oesina, Menteri Kelautan dan Perikanan bertemu dengan pembudidaya rumput laut, serta ikut merangkai bibit rumput laut bersama para pembudidaya, dan juga menanam karang sebagai upaya menjaga kelestarian ekosistem laut.
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar