Lanud El Tari Kupang gelar pemeriksaan COVID-19

id lanud el tari,pemeriksaan covid,penanggulangan covid

Lanud El Tari Kupang gelar pemeriksaan COVID-19

Prajurit TNI Angkatan Udara mengantre untuk menjalani pemeriksaan COVID-19 di Lanud El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur, Jumat (4/9/2020). (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Hari ini kita lakukan tes cepat bagi ratusan prajurit TNI AU setelah sebelumnya kami lakukan tes cepat massal bagi guru-guru di Sekolah Angkasa, yang mana hasilnya non-reaktif semuanya
Kupang (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) El Tari Kupang menggelar kegiatan pemeriksaan menggunakan alat tes diagnostik cepat untuk mendeteksi penularan COVID-19 pada 324 personel TNI Angkatan Udara.

"Hari ini kita lakukan tes cepat bagi ratusan prajurit TNI AU setelah sebelumnya kami lakukan tes cepat massal bagi guru-guru di Sekolah Angkasa, yang mana hasilnya non-reaktif semuanya," kata Komandan Lanud El Tari Kupang Kolonel Pnb Bambang Juniar kepada wartawan di Kupang, Jumat, (4/9).

Personel TNI Angkatan Udara yang menjalani pemeriksaan terdiri atas 215 personel Lanud El Tari Kupang, 49 personel Kompi Paskhas El Tari, dan 60 personel Satuan Radar 226 Buraen.

Baca juga: Lanud El Tari gelar tes cepat bagi para guru di Kupang

Mereka berbaris di halaman sebelum masuk ke ruang pemeriksaan. Ada dua ruang pemeriksaan yang disediakan, satu ruangan bisa digunakan untuk memeriksa empat orang dan satu ruangan lagi hanya bisa digunakan untuk memeriksa satu orang.

"Kami ingin memastikan bahwa seluruh prajurit kami bersih atau bebas dari COVID-19, termasuk juga karyawan koperasi kami yang memang selalu berinteraksi dengan masyarakat umum," kata Bambang.

Serda Fitri Wagena, prajurit TNI Angkatan Udara di Lanud El Tari Kupang, mengaku sempat cemas saat menunggu hasil pemeriksaan karena dia selalu berinteraksi dengan banyak orang.

"Deg-degan juga tadi menunggu hasilnya. Tetapi Alhamdulillah hasilnya non-reaktif," kata Fitri, lega tidak terindikasi tertular COVID-19.

Bambang mengatakan bahwa sampai selesai tes cepat selesai, ada seorang anggota TNI yang dinyatakan terindikasi terinfeksi virus corona penyebab COVID-19.

Baca juga: Lanud El Tari gelar Sarasehan bangun sinergitas TNI-pemda

"Anggota itu langsung dipanggil untuk melakukan uji usap atau swab untuk memastikan bahwa yang reaktif itu karena COVID-19 atau bukan," kata dia.

Ia menambahkan, setelah menjalani pemeriksaan lanjutan prajurit TNI Angkatan Udara itu dinyatakan bebas dari COVID-19. 

 
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar