ABK MV Kurt Paul berbendera Antigua sembuh dari COVID-19

id NTT,abak,covid

ABK MV Kurt Paul berbendera Antigua sembuh dari COVID-19

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Kelas III Kupang, Nusa Tenggara Timur, Putu Alit Sudarma (Antara/ Benny Jahang)

Hasil pemeriksaan kedua untuk swab semua ABK negatif COVID-19. Tidak ada lagi ABK di atas kapal itu yang terinfeksi COVID-19
Kupang (ANTARA) - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Kupang, Nusa Tenggara Timur, menyebutkan satu anak buah kapal (ABK) kapal asing MV Kurt Paul berbendera Antigua yang sebelumnya terkonfirmasi positif COVID-19 dinyatakan telah sembuh.

Kepala KKP Kelas III Kupang, Putu Alit Sudarma dihubungi di Kupang, Selasa, (13/10) mengatakan hasil tes usap menunjukkan hasil negatif COVID-19.

Sebelumnya KKP Kipang memberikan penanganan khusus kepada ABK MV Kurt Paul yang terinfeksi COVID-19. Berdasar alasan itu kapal asing itu dilarang sandar di Pelabuhan Tenau.

Putu mengatakan sesuai hasil pemeriksaan usap  oleh tim medis pada Laboratorium PCR RSUD Prof.Dr.W.Z.Johannes Kupang, bahwa sampel swab milik salah satu ABK Kapal MV Kurt Paul sudah negatif COVID-19.

"Hasil pemeriksaan kedua untuk swab semua ABK negatif COVID-19. Tidak ada lagi ABK di atas kapal itu yang terinfeksi COVID-19," tegas Putu.

Dengan sembuhnya satu ABK yang terjangkit COVID-19 maka kapal asing berbendera Antigua itu telah diizinkan untuk sandar di Pelabuhan Tenau Kupang pada 9 Oktober 2020.

Baca juga: Presiden Jokowi minta jajaran segera paparkan peta jalan pemberian vaksin

"Kapal sudah diizinkan sandar di Pelabuhan Tenau setelah hasil pemeriksaan semua ABK dinyatakan negatif COVID-19," kata Putu.

Baca juga: Pasien COVID di NTT bertambah menjadi 572 orang

Sebelumnya Kapal kargo MV Kurt Paul tiba di perairan Kupang pada 29 September 2020 dan diketahui salah satu ABK terkonfirmasi positif COVID-19 setelah melakukan perjalanan dari Australia.