Presiden Jokowi: Bersatu dan bekerja sama kunci Indonesia maju

id Presiden jokowi, sumpah pemuda

Presiden Jokowi: Bersatu dan bekerja sama kunci Indonesia maju

Presiden RI Joko Widodo. ANTARA/HO-Biro Pers Setpres/aa.

Bersatu dan bekerja sama adalah kunci untuk mencapai Indonesia maju
Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo mengatakan bersatu dan bekerja sama dalam berbagai bidang adalah kunci untuk mencapai Indonesia maju.

"Bersatu dan bekerja sama adalah kunci untuk mencapai Indonesia maju," ujar Presiden Jokowi dalam video sambutan pada puncak acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang disaksikan di Jakarta, Rabu, (28/10).

Baca juga: Presiden Jokowi: Segera selesaikan timeline pelaksanaan vaksinasi

Upaya-upaya untuk menjaga persatuan, kata Presiden, harus terus dilakukan sebab menjadi Indonesia tidak cukup hanya menjadi bagian dari wilayah Indonesia.

Jokowi menekankan bahwa semua pihak harus bekerja sama untuk merawat keindonesiaan. Keindonesiaan harus selalu dijaga dengan semangat solidaritas dan rasa persaudaraan.

"Kita harus saling membantu satu sama lain dalam semangat solidaritas. Tidak ada Jawa, tidak ada Sumatera, tidak ada Sulawesi, tidak ada Papua, yang ada saudara sebangsa setanah air," kata Presiden.

Kepala Negara menegaskan persatuan harus terus diperjuangkan dengan menghargai perbedaan, menjaga toleransi, serta terus menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI.

Menurut Presiden, untuk mewujudkan Indonesia yang satu, segenap bangsa Indonesia juga harus bekerja sama membangun Indonesia secara adil dan merata, membangun Indonesia sentris dengan membangun dari pinggiran, dari desa, dari pulau terdepan hingga perbatasan.

Baca juga: Presiden Jokowi tepati janji di tengah pandemi

"Kita juga membangun infrastruktur yang memudahkan konektivitas antarwilayah, antarpulau untuk mempersatukan Indonesia," kata Presiden menjelaskan.