Imanuel: Peran orang tua penting dalam pembentukan karakter anak

id NTT,kabupaten kupang

Imanuel: Peran orang tua penting dalam pembentukan karakter anak

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Imanuel Buan. ANTARA/Benny Jahang

Peran orang tua sangat penting dalam pembentukan karakter anak. Kami berharap pendampingan terhadap anak dalam proses belajar di rumah selama pandem i COVID-19 dilakukan secara maksimal oleh orang tua
Kupang (ANTARA) - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Imanuel Buan mengatakan peran orang tua sangat penting dalam pembentukan nilai-nilai karakter anak selama proses pembelajaran di rumah di tengah pandemi COVID-19.

"Peran orang tua sangat penting dalam pembentukan karakter anak. Kami berharap pendampingan terhadap anak dalam proses belajar di rumah selama pandem i COVID-19 dilakukan secara maksimal oleh orang tua," kata Imanuel Buan ketika dihubungi di Kupang, Selasa, (1/12).

Imanuel Buan mengatakan hal itu terkait peran orang tua dalam pembentukan karakter anak selama pembelajaran di rumah di tengah masa pandemi COVID-19.

Menurut dia, ada enam kecamatan di Kabupaten Kupang yang proses belajar mengajar masih dilakukan dari rumah karena masih ditemukan kasus terkonfirmasi positf COVID-19.

Beberapa kecamatan yang masuk dalam zona merah kasus COVID-19 yaitu Kecamatan Kupang Barat, Kupang Tengah, Kupang Timur dan Nekamese serta Amarasi Barat.

"Kami tidak izinkan kegiatan belajar di sekolah, karena enam kecamatan itu masuk dalam zona merah COVID-19, sehingga pembelajaran terhadap siswa masih dilakukan secara daring antar guru dan siswa," tegasnya.

Ia mengatakan, pembentukan karakter anak merupakan hal penting dalam keluarga seperti perlu ditegaskan kepada anak tentang nilai-nilai kegotong royongan, kejujuran dan semangat kerja keras.

Baca juga: Puluhan warga Kupang Barat terjaring operasi prokes

Baca juga: Kabupaten Kupang siapkan 2.600 ha lahan pengembangan jagung


"Hal-hal seperti ini perlu secara dini diajarkan kepada anak selama pandemi COVID-19, sehingga karakter anak terbentuk secara baik," tegasnya.

Pandemi COVID-19 lanjutnya agar dimanfaatkan orang tua untuk mendampingi proses pendidikan anak di rumah, sehingga bisa diikuti oleh anak-anak.

"Orang tua harus mampu memberikan motivasi anak untuk terus belajar dan mengajarkan anak selalu bersama-sama dalam semangat kegotong royongan dan kejujuran," tegas Imanuel Buan.