Kabupaten Kupang siapkan 2.600 ha lahan pengembangan jagung

id tanam jagung,Jagung

Kabupaten Kupang siapkan 2.600 ha lahan pengembangan jagung

Pemerintah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur memanfaakan lahan kosong di halaman kantor bupati di Oelemasi untuk menanam tanaman jagung guna menyukseskan program tanam jagung panen sapi. (Antara/ Benny Jahang)

Gerakan Tanam Jagung Panen Sapi ini menjadi satu instrumen untuk menurunkan angka kemiskinan di NTT khususnya di Kabupaten Kupang
Kupang (ANTARA) - Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Nusa Tenggara Timur (NTT) Migdonth Abola mengatakan 2.600 hektare lahan pertanian telah disiapkan untuk pengembangan tanaman jagung di Kabupaten Kupang.

Hal itu dikatakan Migdont Abola terkait Program Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS) yang sedang gencar dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT di Kabupaten Kupang, Sabtu, (10/10).

Ia mengatakan Pemprov NTT menargetkan 2.600 hektare lahan untuk pengembangan tanaman jagung dan yang telah diverifikasi sebanyak 375 hektare dan lahan yang memenuhi standar baru 199 hektare.

Menurut dia, Program Tanam Jagung Panen Sapi sangat strategis karena dua komoditas ini mampu membangun ekonomi masyarakat dengan baik, karena dapat membeli sapi dari hasil panen jagung.

Selain panen jagung, kata dia, petani bisa memanfaatkan batang jagung yang telah dipanen sebagai pakan ternak sehingga populasi ternak di daerah ini terus meningkat.

"Gerakan Tanam Jagung Panen Sapi ini menjadi satu instrumen untuk menurunkan angka kemiskinan di NTT khususnya di Kabupaten Kupang," jelas Abola.

Ia mendorong masyarakat di Kabupaten Kupang untuk kembangkan tanaman jagung pada musim kemarau karena jagung tidak membutuhkan banyak air.

Sementara itu Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe dalam pertemuan dengan masyarakat Desa Pariti, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, Jumat (9/10) mengajak 13 kelompok tani di daerah itu mendukung Program Tanam Jagung Panen Sapi yang digagasi Pemprov NTT karena program ini mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.

"Program Tanam Jagung Panen Sapi merupakan gerakan brilian, terutama kepada kita masyarakat Kabupaten Kupang," kata Jerry.

Baca juga: Luas tanam jagung meningkat 30.000 hektare


Ia mengajak seluruh masyarakat dan aparat pemerintah dan kecamatan di Kabupaten Kupang untuk bersama-sama menyukseskan Program Tanam Jagung Panen Sapi karena memiliki dampak ekonomi yang besar bagi petani di kabupaten yang berbatasan dengan Oecusse, Timor Leste itu.