PDIP Usulkan 12 Calon Gubernur NTT

id Yunus Takandewa

PDIP Usulkan 12 Calon  Gubernur NTT

Yunus Takadewa

"Semua yang mendaftar di PDIP masih memiliki peluang yang sama," kata Yunus Takandewa.
Kupang (Antara NTT) - Ketua Desk Pilkada PDI Perjuangan Nusa Tenggara Timur Yunus Takandewa mengatakan 12 bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang melamar ke partai itu akan diusulkan ke pengurus partai pusat untuk diproses lebih lanjut.

"Semua yang mendaftar di PDIP masih memiliki peluang yang sama," kata anggota DPRD NTT dari F-PDI Perjuangan itu kepada Antara di Kupang, Kamis.

Penegasan itu disampaikan menyusul beredarnya informasi di media sosial yang menyebutkan bahwa DPD PDI Perjuangan NTT pada rapat pleno Sabtu (29/9) hanya mengusulkan tiga nama ke DPP PDI Perjuangan yakni Andre Hugo Parera, Lusia Adinda Dua Nurak dan Kristo Blasin.

Menurut dia, rapat pleno yang dipimpin Ketua DPD PDI Perjuangan NTT Frans Lebu Raya itu untuk memverifikasi berkas para bakal calon yang melamar ke partai itu sebelum diajukan ke DPP.

Dia mengatakan ada tiga poin penting yang dihasilkan dalam pleno tersebut yakni pertama, pleno memutuskan semua bakal calon gubernur maupun wakil gubernur yang mendaftar baik di DPD maupun DPP PDIP diajukan ke DPP. 

"Tidak ada nama yang digugurkan dalam pleno tersebut. Semua masih berproses dan memiliki peluang yang sama," tambahnya.

Poin kedua adalah setelah memeriksa dan meneliti semua dokumen yang ada, semua dinyatakan lengkap dan tidak ada kekurangan.

"Karena tidak ada kekurangan dokumen sehingga wajib dimasukan, maka pekan ini segera diajukan semua dokumen para bakal calon ke DPP," katanya.

Pleno juga memutuskan untuk dilakukan rapat dengan semua bakal calon kepala daerah untuk dilakukan penandatanganan kontrak survei independen yang akan ditentukan oleh DPP.

"Intinya semua akan disurvei dan akan dilihat elektabilitasnya. Pekan ini kita serahkan semua dokumen," katanya.

Dia menambahkan karena semua bakal calon memiliki peluang yang sama maka setiap Balon hendaknya melakukan sosialisasi diri agar meningkatkan elektabilitasnya karena segera dilakukan survei.

"Silakan terus melakukan sosialisasi diri ke masyarakat akar rumput jika ingin mendapatkan hasil survei yang maksimal dan berpeluang untuk diusung," katanya menambahkan.

Pada pembukaan pendaftaran, ada 12 balon gubernur dan wakil gubernur yang mendaftar di DPD PDIP NTT maupun DPP PDIP.

Mereka yang mendaftar di PDIP NTT yakni Raymundus S. Fernandes, Ibrahim Medah, Daniel Tagu Dedo, Ayub Titu Eki, Kristo Blasin, Hery Wadu dan Honing Sanny. Sementara Mikhael Umbu Zasa dan Noviyanto Umbu Patty Lende mendaftar sebagai Balon Wagub.

Sedangkan tiga bakal calon yang mendaftar di DPP PDIP yakni Marianus Sae, Robert S. Marut dan Aloysius Lele Madja.