China padukan unsur modern dan klasik pada kereta cepat otomatis

id KA cepat China,KA nirawak China,KA maglev China,kereta cepat China

China padukan unsur modern dan klasik pada kereta cepat otomatis

Penampakan kereta cepat Sanxingdui yang bakal beroperasi di Chengdu, Provinsi Sichuan, China. Kereta tersebut berteknologi "self driving" berjaringan 5G. (ANTARA/CCTV)

Kereta ini bisa berjalan, berhenti, dan kembali ke depo dengan sendirinya
Beijing (ANTARA) - China memadukan unsur modern dan klasik pada kereta cepat barunya yang berteknologi "self driving" atau melaju secara otomatis tanpa keterlibatan masinis.

Kereta cepat tersebut akan dioperasikan di dalam kota Chengdu untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di Ibu Kota Provinsi Sichuan tersebut.

Kereta buatan CRRC Changchun Railway Vehicle Co Ltd didekorasi budaya kuno Sanxingdui yang didominasi gambar burung warna perunggu sebagaimana penampakan kereta api baru itu di sejumlah media China, Sabtu, (8/5).

Para arkeolog pada Maret lalu menemukan lebih dari 500 benda kuno dari sebuah situs yang berjarak sekitar 60 kilometer dari Chengdu yang diperkirakan berusia 3.000 tahun yang lalu.

Kereta tersebut terdiri dari delapan gerbong yang bisa mengangkut 2.956 penumpang dengan kecepatan maksimum 160 kilometer per jam.

"Kereta ini bisa berjalan, berhenti, dan kembali ke depo dengan sendirinya," kata Zhang Hongjun, teknisi CRRC Changchun.

Jendela kereta berupa layar berteknologi 5G sehingga para penumpang bisa mendapatkan informasi perjalanan melalui layar video. (T.M038)

Baca juga: Australia batalkan kesepakatan Satu Sabuk, Satu Jalan China
Baca juga: Filipina minta nelayan abaikan larangan China memancing di LCS
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar