Pemkab Mabar dukung digitalisasi UMKM

id NTT,Manggarai Barat,Gernas BBI,digitalisasi UMKM,Labuan Bajo,Puncak Waringin

Pemkab Mabar dukung digitalisasi UMKM

Bupati Manggarai Barat Edistatus Endi saat memberikan sambutan dalam puncak acara Kilau Permata Digital Flobamora sebagai Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia di NTT yang dipusatkan di kawasan Puncak Waringin, Labuan Bajo, Jumat (18/6/2021). (ANTARA/Sugiharto Purnama)

adi mari kita sama-sama mencintai dan menggunakan karya anak bangsa utamanya produk dan layanan UMKM yang juga menjadi tulang punggung perekonomian bangsa,
Labuan Bajo (ANTARA) - Bupati Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur, Edistatus Endi mengatakan pemerintahannya mendukung penuh digitalisasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk membangkitkan kembali perekonomian daerah dari dampak pandemi COVID-19.

"Inilah saatnya era kebangkitan untuk kita bisa keluar dari keterpurukan ekonomi yang disebabkan oleh COVID-19, kita bangkit bersama digitalisasi UMKM," katanya dalam acara puncak Kilau Permata Digital Flobamora sebagai Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di NTT yang dipusatkan di Bukit Waringin, Labuan Bajo, Kabupaten Manggari Barat, Jumat (18/6).

Ia mengatakan pemerintahannya mendukung penuh dan siap menjalankan digitalisasi UMKM sekaligus mengkampanyekan Gernas BBI untuk mengajak seluruh elemen untuk menghargai karya-karya UMKM anak bangsa.

Edistatus menjelaskan NTT memiliki berbagai produk lokal di berbagai bidang yang berkualitas unggulan, demikian pula di Manggarai Barat yang memiliki berbagai produk seperti minyak kemiri, minyak marungge, kopi, dan sebagainya.

Baca juga: BPOLBF sebut empat strategi pulihkan kunjungan wisata ke Labuan Bajo


Berbagai macam produk lokal, kata dia tersedia secara memadai namun yang belum maksimal adalah kemampuan mengkapitalisasi produk-produk tersebut.

Oleh karena itu digitalisasi UMKM yang digelorakan melalui Gernas BBI ini merupakan era kebangkitan ekonomi dari keterpurukan yang disebabkan pandemi COVID-19.

Pemerintah Provinsi NTT bersama Bank Pembangunan Daerah NTT , kata dia juga hadir memberikan dukungan dengan meluncurkan aplikasi Go NTT sebagai market place bagi produk-produk lokal.

Baca juga: Tenun asal Manggarai Barat butuh regenerasi kaum muda

Aplikasi ini diharapkan mampu mendorong perkembangan dan kemajuan UMKM di NTT untuk meningkatkan jumlah penjualan dan minat beli masyarakat luas terhadap produknya.

"Jadi mari kita sama-sama mencintai dan menggunakan karya anak bangsa utamanya produk dan layanan UMKM yang juga menjadi tulang punggung perekonomian bangsa," katanya.

Acara puncak Kilau Permata Digital Flobamora di Labuan Bajo digelar secara tatap muka dalam jumlah terbatas serta virtual. Turut hadir secara langsung Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Menteri Komunikasi dan Informatika Jhonny G Plate, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi.

Sementara hadir secara virtual Wakil Presiden RI Ma-Ruf Amin, Gubernur Bank Indonesia, serta sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju yang tutur memberikan sambutan dan apresiasi.
Pewarta :
Editor: Kornelis Aloysius Ileama Kaha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar