PDIP dukung Takem-Herman dslam PSU Sabu Raijua

id PSU SABU, PDIP, NTT,KOta Kupang

PDIP dukung Takem-Herman  dslam  PSU Sabu Raijua

Konferensi pers soal dukungan PDIP untuk pasangan calon bupati wakil bupati di PSU Sabu Raijua. ANTARA/Kornelis Kaha.

...PDIP hanya mendukung, bukan pengusung, walaupun hanya mendukung pihaknya akan memperjuangkan untuk memenangkan pasangan itu
Kupang (ANTARA) - Dewan Pimpinan pusat (DPP) PDI Perjuangan menyatakan dukungannya kepada pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sabu Raijua, Takem Irianto Radja Pono dan Herman Hegi Radja Haba, pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada 2020 yang akan digelar pada 7 Juli 2021 mendatang.

Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDI Perjuangan Nusa Tenggara Timur Cendana Abubakar, kepada wartawan di Kupang, Selasa, (29/6) mengatakan bahwa dukungan tersebut tertuang dalam surat nomor 3037/IN/DPP/VI/2021/ tertanggal 28 Juni 2021.

"Dukungan yang disampaikan dalam surat itu dikarenakan adanya permohonan rekomendasi dukungan pasangan calon bupati dan wakil bupati pada PSU Pilkada Kabupaten Sabu Raijua dan surat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sabu Raijua nomor: 083/IN/DPC. SR/VI/2021 tertanggal 18 Juni 2021, perihal usulan dukungan calon Bupati dan Wakil Bupati," katanya.

Ia menyatakan bahwa keputusan dukungan kepada pasangan Takem dan Herman tersebut berdasarkan hasil rapat bersama partai dari tingkat DPP hingga ranting serta hasil survei partai selama bulan Juni, dan melihat respons masyarakat mendukung dua kader terbaik Sabu Raijua itu.

Keputusan dalam surat tersebut juga ujar Abubakar jelas bang DPP PDI Perjuangan menginstruksikan agar semua jajaran pengurus struktural partai di Legislatif dan Eksekutif, para kader, anggota, dan simpatisan partai untuk berjuang bersama dan bergotongroyong memenangkan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua itu.

"DPP menginstruksikan agar jajaran struktural partai, petugas partai di eksekutif dan legislatif, para kader dan anggota partai untuk lebih aktif melaksanakan konsolidasi atau turun kebawah untuk melakukan gerakan mendatangi pemilih, dan secara sehat ikut mempengaruhi masyarakat dalam memberikan dukungan kepada calon yang didukung, dapat memberikan suaranya secara jujur, adil, damai, dan memberikan kedamaian dalam selama PSU 7 Juli mendatang," tambahnya.

Pria yang biasa di sapa Cen ini mengatakan bahwa pihaknya optimis paket yang didukung PDI Perjuangan dalam PSU Sabu Raijua 2021, akan berhasil. Karena hasil keputusan tersebut sudah ditetapkan berdasarkan survei secara ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Optimismen yang terukur itu pasti kita miliki, karena kita kerja secara bertabat. Karena di Sabu Raijua sejak proses awal sampai sengketa di MK, memang ada riak tetapi masih berjalan kondusif. Dan hasil survei membuktikan bahwa masyarakat cukup menerima dan tenang, tinggal soal optimisme dan partai berani mengajukan tentu ada alat ukurnya," ujar dia.

Cen menegaskan bahwa pihaknya hanya mendukung, bukan merupakan partai pengusung, walaupun hanya mendukung pihaknya akan memperjuangkan untuk memenangkan pasangan itu.

Baca juga: Ratusan personel Polda NTT amankan PSU Sabu Raijua

Untuk diketahui PSU Pilkada Sabu Raijua akan digelar pada 7 Juli 2021 mendatang. Akan ada dua pasangan calon yang akan bertarung dalam PSU itu.

Baca juga: Sebuah pembelajaran politik dari Pilkada Sabu Raijua

Dua pasangan yang sudah ditetapkan oleh KPU itu antara lain paslon nomor urut 01 Nikodemus N. Rihi Heke dan Yohanis Uly Kale dan paslon nomor urut 03 Takem Irianto Radja Pono dan Herman Hegi Radja Haba, Juru Bicara KPU Sabu Raijua Daud Pau.