Presiden Biden akan bahas masalah Afghanistan saat Taliban kuasai wilayah

id Joe Biden,AS,Afghanistan, Taliban

Presiden Biden akan bahas masalah Afghanistan saat Taliban kuasai wilayah

Aparat keamanan berjaga sambil duduk di kendaraan militer di pangkalan udara AS Bagram, setelah pasukan Amerika mengosongkannya, di provinsi Parwan, Afghanistan, Senin (5/7/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammad Ismai/WSJ/djo

...beberapa pasukan Amerika masih akan berada di Afghanistan sampai September sebagai bagian dari penarikan rasional dengan sekutu
Washington (ANTARA) - Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan dia akan membahas masalah Afghanistan pada Kamis, beberapa hari setelah pasukan Amerika ditarik keluar dari pangkalan militer utama mereka 20 tahun setelah memasuki negara itu.

Biden membuat pernyataan itu kepada wartawan di Gedung Putih ketika ditanya apakah dia khawatir Kabul akan jatuh dalam menghadapi serangan Taliban yang meningkat.

Keberangkatan diam-diam pasukan Amerika dari Pangkalan Udara Bagram di utara Kabul pada Jumat mengakhiri secara efektif perang terpanjang dalam sejarah AS.

Baca juga: Sedikitnya 11 tewas akibat ledakan ranjau darat di Afghanistan

Biden mengatakan pada Jumat bahwa beberapa pasukan Amerika masih akan berada di Afghanistan sampai September sebagai bagian dari "penarikan rasional dengan sekutu."

Baca juga: Presiden Biden siap umumkan penarikan pasukan AS dari Afghanistan

Juru bicara Gedung Putih Jen Psaki mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Biden akan berbicara tentang "upaya penarikan berkelanjutan kami dan bantuan keamanan dan kemanusiaan yang berkelanjutan" kepada rakyat dan militer Afghanistan pada Kamis sore.

Pada Kamis, (8/7) pagi, Biden akan bertemu dengan tim keamanan nasionalnya untuk menerima pemutakhiran tentang kemajuan penarikan dari Afghanistan, kata Psaki. (Reuters)