Mutiara/Melani hadapi lawan berpengalaman dalam Olimpiade Tokyo 2020

id Olimpiade Tokyo,Dayung Olimpiade,Mutiara Rahma Putri Melani Putri

Mutiara/Melani hadapi lawan berpengalaman dalam Olimpiade Tokyo 2020

Pedayung putri Indonesia Mutiara Rahma Putri dan Melani Putri berlatih di Sea Forest Waterway, Tokyo, Jepang, Kamis (22/7/2021). Keduanya akan berlomba di nomor rowing Lightweight Women's Double Sculls Olimpiade Tokyo 2020 pada Sabtu 24 Juli 2021. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj.)

Jakarta (ANTARA) - Mutiara Rahma Putri dan Melani Putri bakal menghadapi lawan lebih berpengalaman dalam nomor scull ganda kelas ringan putri Olimpiade Tokyo di Sea Forest Waterway, Tokyo Bay, Sabtu pukul 08.20 WIB.

Berdasarkan data panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo, dua pedayung Merah Putih masuk heat 1 bersama lima wakil dari Italia, Prancis, Swiss, Irlandia, dan Amerika Serikat.

Mutiara/Melani akan start di lane 5. Pada penampilan perdananya, wakil Indonesia harus menghadapi atlet lebih senior berjam terbang tinggi. Italia menurunkan Valentina Rodini/Federica Cesarini yang secara prestasi jauh di atas Mutiara/Melani.

Valentina Rodini dan Federica Cesarini adalah peraih emas Kejuaraan Dunia U23 pada 2016. Keduanya pernah tampil dalam Olimpiade Rio de Janeiro 2016.


Mutiara/Melani juga akan bersaing dengan wakil Prancis, Laura Tarantola/Claire Bove. Swiss menurunkan Patricia Merz/Frederique Rol dan Irlandia melalui Aoife Casey/Margaret Cremen.

Adapun Amerika Serikat menurunkan Mary Reckford/Michelle Sechser. Semuanya masuk heat 1 untuk memperebutkan dua tempat  semifinal.

Baca juga: Tragedi Olimpiade 1972 dikenang dalam pembukaan Tokyo 2020

Baca juga: Hassan bersiap dominasi tiga nomor lari Olimpiade Tokyo


Kelas lightweight women's double sculls dibagi menjadi tiga heat. Nantinya, dua terbaik dari masing-masing heat berhak melaju ke semifinal.

Sementara sisanya berkesempatan melaju ke babak empat besar melalui repechage.

Sejak awal, tim dayung Indonesia tak memberikan target khusus kepada wakilnya ini. Pun jika melihat persaingan, perjalanan Mutiara/Melani terbilang berat.

Mutiara/Melani juga mengatakan bisa bersaing di pentas dunia adalah pengalaman berharga. "Target kami tidak muluk, karena ini merupakan debut di ajang internasional," kata Mutiara kepada ANTARA, Kamis.