Olimpiade 2024 - Dua pemanjat tebing Indonesia tampil impresif di kualifikasi unggulan

id Olimpiade Paris 2024,Panjat tebing Indonesia ,Olimpiade

Olimpiade 2024 - Dua pemanjat tebing Indonesia tampil impresif di kualifikasi unggulan

Arsip foto - Atlet panjat tebing Indonesia Veddriq Leonardo mengikuti babak kualifikasi speed ajang Asian Qualifier Jakarta 2023 di Arena Panjat Tebing GBK, Jakarta, Minggu (12/11/2023). (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/rwa)

Catatan waktu pada babak penyisihan itu akan memengaruhi peringkat atlet pada fase penyisihan eliminasi yang juga digelar hari ini...
Jakarta (ANTARA) -
Dua atlet panjat tebing Indonesia, Rahmad Adi Mulyono dan Veddriq Leonardo, tampil impresif di kualifikasi babak penyisihan unggulan nomor speed Olimpiade Paris 2024, yang diselenggarakan di Le Bourget Climbing Venue, Selasa, (6/8) malam WIB.
 
Rahmad tampil lebih dulu melawan wakil dari Afrika Selatan, yaitu Joshua Bruyns. Sementara Veddriq melawan wakil dari tuan rumah Prancis dan berhasil memecahkan rekor Olimpiade.
 
Pria asal Surabaya itu beraksi di urutan kedua lewat jalur B, sedangkan lawannya di jalur A.
 
Hasilnya, Rahmad mampu tampil lebih cepat dengan waktu 5,07 detik sementara saingannya membukukan waktu 6,18 detik.
 
Perwakilan Indonesia lainnya, Veddriq Leonardo juga tampil dengan urutan kelima. Dia menjajal jalur B dan melawan Bassa Mawem, yang memanjat di jalur A.
 
Saat beraksi, Veddriq melesat cepat dan mencatatkan waktu 4,92 detik. Sedangkan lawannya, meraih waktu 5,182 detik.
 
Kemudian, pada percobaan kedua, Rahmad gagal tampil lebih baik, karena dia dinilai melakukan false start (FS) saat akan menjajal jalur A.

Kondisi berbeda justru ditampilkan rekannya, Veddriq, yang tampil trengginas di percobaan kedua.

Atlet berumur 27 tahun itu berhasil memecahkan rekor dunia. Dia sukses membukukan waktu 4,79 detik.
Pencapaian itu sama dengan rekor yang pernah diciptakan oleh atlet panjat tebing Amerika Serikat (AS), Sam Watson, pada 12 April 2024 di Wujiang dengan waktu 4,79 detik.

Hasil Veddriq juga melampaui rekor Olimpiade yang pernah dicatat oleh Bassa Mawem dengan waktu 5,45 detik di Olimpiade Tokyo 2020.

Dalam kualifikasi itu, terdapat dua tahapan, yakni babak penyisihan unggulan dan penyisihan eliminasi.

Sebanyak total 14 atlet bersaing dalam kualifikasi panjat tebing putri nomor speed tahun ini.

Catatan waktu pada babak penyisihan itu akan memengaruhi peringkat atlet pada fase penyisihan eliminasi yang juga digelar hari ini.


Pemeringkatan dibuat untuk menentukan lawan pada babak penyisihan eliminasi.

Peringkat pertama dalam daftar pencatat waktu terbaik akan berhadapan dengan pemilik posisi ke-14, peringkat kedua bertanding dengan peringkat ke-13, begitu seterusnya.

Dalam Olimpiade tahun ini, Indonesia diwakili oleh empat atlet untuk nomor speed, yaitu Veddriq Leonardo dan Rahmad Adi Mulyono di kategori putra, serta Rajiah Salsabillah dan Desak Made Rita Kusuma Dewi di kategori putri.

Baca juga: Artikel - Gregoria, kamu tak sendiri!

Baca juga: Artikel - Perburuan medali emas berbalut nuansa sejarah dan politik


​​​​​​​








Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dua pemanjat tebing Indonesia tampil impresif di kualifikasi unggulan